Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Tips dan Metode Menyeduh Kopi



Menyeduh kopi adalah kegiatan yang menggunakan air panas dan kopi bubuk untuk mengubah biji kopi menjadi secangkir kopi panas. Ada beberapa metode untuk membuat minuman kopi, tergantung pada kekuatan dan tipe minuman kopi yang diinginkan. Namun, biji kopi harus digiling sebelum kopi diseduh.

Seseorang dapat membeli kopi dalam bentuk biji utuh, atau sudah digiling. Kebanyakan ahli merekomendasikan untuk membeli biji utuh dan digiling di rumah. Cara terbaik adalah dengan menggiling kopi tepat sebelum diseduh, ini untuk menjamin rasa kopi yang segar. Para ahli juga menyarankan agar menggunakan kopi dalam beberapa minggu setelah pembelian, dan menyimpan kopi dalam wadah tertutup rapat.

Ada beberapa aturan umum untuk semua metode menyeduh kopi. Rasio kopi-air harus sekitar dua sendok makan kopi bubuk untuk setiap enam ons air (sekitar 177 mililiter). Air harus disaring atau berasal dari mata air, air keran tidak dianjurkan karena dapat mengandung bahan lain, membuat rasa kopi yang kurang menyenangkan. Suhu air harus mendekati suhu mendidih, tetapi belum mendidih. Air harus di antara 195 derajat Fahrenheit dan 205 derajat Fahrenheit (antara 90 dan 95 derajat Celcius).

Metode menyeduh kopi yang paling umum di negara barat adalah menggunakan drip coffee maker. Untuk metode ini, air ditambahkan ke mesin kopi, dan bubuk kopi ditempatkan dalam keranjang yang ada filternya. Mesin kemudian menyelesaikan sisa pekerjaan. Drip coffee maker umumnya mati setelah selesai menyeduh kopi.

Meskipun banyak yang memiliki piringan pemanas untuk menjaga kopi tetap hangat, cara terbaik adalah mengangkat kopi dari piringan pemanas- yang bisa menghanguskan kopi-, dan memnindahkan ke dalam teko terisolasi agar tetap hangat.

Metode umum lainnya untuk menyeduh kopi adalah menggunakan french press. Dengan metode ini, pengguna menambahkan air panas pada suhu yang diinginkan ke atas bubuk kopi. Setelah 4-5 menit, sebuah plunger (pendorong) ditekan ke dalam air, yang mengekstrak kopi dan minyak kopi, memisahkan ampas.

 Ada metode lain untuk menyeduh kopi, yang menghasilkan minuman yang lebih kuat, lebih terkonsentrasi, biasanya disajikan dalam cangkir kecil. Kopi gaya Turki dipanaskan langsung di atas kompor, dan kopi disajikan dengan ampas mengendap di bawah cangkir. Espresso Italia dibuat dengan mesin khusus, yaitu dengan cara air panas dipaksa melalui bubuk kopi di bawah tekanan tinggi.

Tidak peduli cara yang Anda pilih, yang terbaik adalah meminum kopi segera setelah disiapkan.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...