Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Tips Cara Menyangrai Kopi di Rumah



Sejumlah metode tersedia bagi orang-orang yang ingin menyangrai biji kopi di rumah, dan praktek ini bukan hal baru. Sampai awal tahun 1900-an, gagasan untuk mendapatkan biji kopi sangrai dari pemasok kopi belum umum. Sebaliknya kebanyakan orang membeli biji kopi hijau dan disangrai di rumah, tapi penjual kopi yang pintar melihat pasar kemudian menyediakan layanan ini. Sekarang, banyak orang di dunia membeli biji pra-sangrai, dan sering pula pra-giling. Namun, menyangrai kopi di rumah merupakan pilihan bagi para pecinta kopi.

Seseorang bisa menyangrai kopi dengan sejumlah cara, mencakup penggunaan oven, kompor, atau mesin sangrai. Metode penyangraian oven sering bekerja paling baik bila ia memiliki oven konveksi. Sirkulasi udara di sekitar biji membantu untuk memastikan bahwa mereka disangrai secara merata dan benar. Namun ada juga yang menggunakan kompor gas sederhana.

Rekomendasi tambahan untuk penyangraian menggunakan oven adalah sebaiknya digunakan pan datar yang memiliki perforasi kecil di dalamnya. Ini memungkinkan udara bisa bergerak melalui pan selama proses penyangraian. Setelah penyangraian selesai, mangkuk berlubang seperti tirisan dapat digunakan untuk mendinginkan kopi dengan cepat.  Kopi akan terus berproses setelah dikeluarkan dari oven hingga menjadi dingin.

Metode penyangraian dengan kompor adalah metode alternatif, paling baik jika menggunakan kompor gas. Perbedaan yang jelas adalah biji akan terbakar jika mereka tidak terus dibolak-balik. Mereka yang sangat terampil dengan wajan bisa membolak-balik biji kopi pada waktu yang tepat. Sebagian orang juga menyarankan penggunaan kompor popcorn popper. Engkol pada alat ini dapat digunakan untuk menjaga biji terus bergerak. Metode ini membutuhkan lebih sedikit waktu dibandingkan oven tetapi membutuhkan lebih banyak tenaga.

Terakhir adalah mesin penyangrai rumahan dan banyak di antaranya berfungsi sangat baik. Harga mesin bervariasi, tetapi mereka dapat menyesuaikan berbagai jenis derajat penyangraian sehingga seseorang dapat melakukan eksperimen. Dari tiga metode yang tersedia, mesin penyangrai rumahan, adalah yang paling mudah digunakan meskipun beberapa ‘ekstrimis kopi’ mengatakan metode penyangraian menggunakan pan akan menghasilkan kopi yang lebih baik.

Hal yang utama dalam proses ini adalah menyangrai kopi pada suhu tertentu; aroma, dan warna yang dihasilkan akan tergantung pada metode penyangraian yang dilakukan. Waktu yang dibutuhkan untuk menyangrai kopi sekitar 20 menit pada sebagian besar oven dan sekitar lima menit bila dilakukan di kompor. Kita bisa menggunakan termometer untuk memeriksa suhu penyangraian kopi biji.

Warna adalah pertimbangan lain yang menentukan lamanya waktu penyangraian, karena kopi yang disangrai ringan memiliki lebih sedikit tampilan rasa dengan kafein yang lebih kuat, sedangkan penyangraian gelap memiliki tingkat asam rendah tapi rasa akan lebih kuat dan dengan lebih sedikit kafein. Bau kopi juga penting karena karena pergeseran dari biji kopi hijau menjadi cokelat atau hitam, akan memunculkan bau sebagaimana bau khas dari kopi sangrai.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...