Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Tips Cara Menjadi Barista



Barista adalah kata Italia untuk bartender. Oleh karena itu, seorang barista (kopi) pada dasarnya adalah bartender yang terampil dalam mempersiapkan dan menyajikan beragam minuman kopi, bukan minuman beralkohol. Istilah barista dapat diterapkan kepada karyawan kedai kopi baik laki-laki dan perempuan. Istilah ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki pengetahuan atau keterampilan luas tentang meracik minuman berbasis kopi.

Banyak orang yang mencintai - dan sering sangat bergantung pada - kopi. Hal ini dibuktikan dengan bermunculannya stand kopi, toko-toko dan bar espresso yang bergerak dalam bisnis minuman kopi. Dengan persaingan yang ketat seperti itu, para pebisnis berbasis kopi ini harus bekerja ekstra untuk merayu dan mempertahankan basis konsumen yang besar dan tetap menguntungkan. Oleh karena itu banyak list menu mereka yang dilengkapi dengan segudang pilihan seperti cappuccino, espresso spesial dan kopi dengan beragam rasa. Menyiapkan minuman ini membutuhkan tingkat pengetahuan dan keterampilan tertentu.

Siapapun yang menyajikan kopi bisa menyebut dirinya seorang barista, tetapi pelatihan untuk menjadi barista kopi beraneka-ragam. Beberapa menerima on-the-job training sedangkan yang lain menghadiri sekolah khusus yang memberikan instruksi mendalam tentang dasar-dasar kopi dan penyiapannya. Sebagai contoh, seorang calon barista bisa dikirim oleh perusahaan untuk menghadiri sekolah kopi selama satu minggu yang menawarkan kelas dan seminar tentang sejarah kopi, dasar-dasar penggiling, perawatan mesin dan bagaimana membuat susu steam dan busa susu untuk cappuccino. Pada akhir minggu, ia akan menerima sertifikasi barista.

Selain memiliki kemampuan menyeduh secangkir kopi, barista harus menunjukkan keterampilan layanan pelanggan yang baik serta mampu bekerja sama dengan anggota tim lainnya. Kedai kopi telah menjadi tempat pertemuan populer, dan untuk beberapa pelanggan, layanan pelanggan menjadi sama pentingnya, atau bahkan lebih penting, daripada kualitas kopi. Selain menyapa pelanggan, seorang barista harus dapat menerangkan kepada para pelanggan tentang deskripsi minuman, merekomendasikan minuman berdasarkan preferensi mereka, menawarkan sampel minuman dan menunjukkan bagaimana minuman disiapkan.

Barista juga dapat melakukan tugas-tugas yang tidak berhubungan dengan menyiapkan dan melayani kopi. Pekerjaan ini termasuk mengelap meja dan kursi, menyapu dan mengepel lantai, mencuci piring dan prosedur pembersihan umum lainnya, serta menjaga stok produk toko dan melakukan transaksi dengan pelanggan.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...