Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Tips Cara Memilih Steamer Kopi Terbaik



Meskipun banyak orang di dunia sudah semakin memahami perihal seluk beluk secangkir kopi dalam beberapa generasi  terakhir, sebagian yang lain masih berada dalam tahap awal kecintaan terhadap kopi. Pecinta kopi tahu bahwa membuat secangkir espresso atau minuman kopi lainnya memerlukan mesin pembuat kopi. Mesin yang dilengkapi pompa menciptakan crema yang lebih berkualitas tetapi terlalu mahal untuk kebanyakan orang. Sebuah steamer kopi yang baik, menggunakan stainless steel, dapat memanaskan air ke suhu yang sempurna guna melakukan ekstraksi merupakan pilihan yang lebih baik bagi siapa saja yang belum memiliki cukup dana.

Steamer kopi merebus air menjadi uap dan mampu memberikan tekanan yang sangat besar. Ketika tekanan cukup tinggi, mereka mendorong uap melalui bubuk kopi yang digiling halus, mengekstrak rasa nikmat kopi. Hampir semua mesin espresso rumah model steamer stainless steel memiliki tuas susu steam. Setelah uap ditekan melalui bubuk kopi, Anda bisa menambahkan susu busa secukupnya untuk cappuccino, latte, atau minum kopi lain.

Steamer kopi yang terbaik untuk penggunaan di rumah sangat bergantung pada harganya. Mesin yang lebih mahal dirancang untuk menciptakan buih mikro yang idea. Model yang lebih murah memerlukan susu atau krim yang harus dipanaskan dalam microwave sebelum dibuihkan. Terlepas dari harga, setiap steamer kopi yang dibuat dengan plastik harus dihindari, plastik tidak tahan lama, dan jika tergores, dapat menjadi tempat pertumbuhan bakteri berbahaya.

Penanganan suhu yang tepat sangat penting untuk menciptakan buih mikro bertekstur sempurna. Tujuannya adalah krim atau susu dipanaskan sampai tepat 150 derajat Fahrenheit (65 derajat Celcius) yang setelah itu akan berubah menjadi busa. Susu yang dibuat menjadi busa pada panas yang lebih tinggi dapat menimbulkan aroma gosong yang juga akan mempengaruhi rasa kopi. Susu mungkin juga pecah, atau menjadi terlalu encer sehingga merubah rasa ketika ditambahkan ke kopi.

Membuat buih mikro di rumah membutuhkan kesabaran. Mesin profesional dapat menghasilkan busa bertekstur sempurna hanya dalam beberapa detik , tapi steamer kopi rumahan, bahkan yang baik, akan membutuhkan hingga dua atau tiga menit. Tuas harus memberikan tekanan yang cukup untuk membuat busa susu Anda menutupi cangkir dalam lingkaran lembut. Teknik ini memerlukan banyak latihan untuk dikuasai.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...