Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Tips Cara Memilih Pelatihan Barista Terbaik



Barista adalah pekerja layanan makanan yang mengkhususkan diri dalam membuat dan menyajikan berbagai jenis minuman kopi dan espresso. Profesi ini menggunakan banyak ragam bahan, berbagai peralatan, dan teknik untuk membuat secangkir kopi yang nikmat. Banyak toko/ kedai kopi yang akan mempekerjakan pekerja baru dengan sedikit atau tanpa pelatihan barista formal, meskipun mereka biasanya lebih menyukai orang yang memiliki gairah pada kopi dan pengetahuan dasar mengenai berbagai jenis minuman populer.

Seorang pegawai baru umumnya menerima pelatihan barista hingga dua minggu, dengan materi meliputi pengetahuan spesifik mengenai mesin kopi, varietas kopi, penanganan uang tunai, dan layanan pelanggan. Seseorang yang ingin mendapatkan pengetahuan tambahan dan meningkatkan kesempatan mereka untuk mendapat pekerjaan ini dapat mendaftarkan diri dalam program pelatihan barista secara profesional, yang bisa berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa minggu.

Seseorang yang ingin menjadi barista dapat melakukan penelitian independen mengenai pekerjaan ini. Internet berisi ribuan halaman web yang mendefinisikan istilah-istilah dan menjelaskan teknik-teknik yang berhubungan dengan dunia barista. Banyak sumber daya online yang menunjukkan diagram dan cara kerja mesin pembuat kopi, mesin espresso, dan jenis peralatan lain. Website khusus kopi sering kali menampilkan video instruksional yang menunjukkan pada calon barista cara mengoperasikan mesin-mesin tersebut.

Orang-orang yang tertarik mengenai dunia barista dapat mempelajari formula minuman yang paling umum disajikan di kedai kopi, termasuk kopi panas dan es kopi, cappuccino, dan latte.

Seseorang yang ingin mendapatkan pengalaman praktis sebelum melamar pekerjaan bisa bereksperimen membuat minuman kopi standar di rumah. Banyak toko ritel dan supermarket menjual mesin kecil, versi rumahan yang populer, termasuk french press, espresso maker, blender, dan drip coffemaker. Pengusaha kopi sangat menghargai pelamar yang dapat menunjukkan keterampilan yang mereka pelajari melalui pelatihan barista independen.

Ada banyak sekolah pelatihan barista dan program korespondensi yang bisa diikuti, yang dapat membantu seseorang mendapatkan kepercayaan diri yang solid dan mempersiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan sebagai barista. Program dapat beragam dalam hal lama dan materi pelajaran, meskipun sebagian besar dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari enam minggu. Beberapa sekolah menawarkan informasi tentang bagaimana seseorang dapat memperoleh dana dan peralatan yang diperlukan untuk membuka kedai kopi sendiri.

Setelah seseorang memperoleh pekerjaan sebagai barista, ia biasanya menerima pelatihan langsung dari para profesional yang berpengalaman melalui on-job-training. Sebuah kedai kopi mungkin memiliki mesin besar, mesin espresso yang rumit, dan mesin penggiling yang harus dioperasikan dengan teknik tertentu. Seorang barista newbie harus mempelajari prosedur operasi yang tepat serta mengenali berbagai tipe minuman yang ditawarkan di toko. Ia mungkin juga menerima pelatihan tentang cara untuk menerima pesanan dari pelanggan, mengoperasikan cash register, dan membersihkan fasilitas di ujung hari.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...