Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Tips Cara Memilih Buku Panduan Barista Terbaik



Dalam memilih buku panduan barista, penting untuk mencari instruksi cara pembuatan minuman kopi dan teh, metode penyeduhan, metode penyiapan minuman dingin, teknik mengukus susu, resep minuman dan peralatan serta perawatan yang diperlukan. Buku panduan barista yang baik mungkin menawarkan lebih banyak lagi.

Istilah barista berasal dari Italia, yang berarti bartender. Dalam bahasa Inggris-Amerika, istilah ini biasanya mengacu pada seseorang yang bekerja di sebuah kedai kopi untuk menyiapkan minuman espresso, kopi dan teh. Karena kata “barista” umumnya menunjukkan seseorang yang telah menerima pelatihan atau mencapai tingkat keterampilan tinggi dalam seni penyiapan kopi dan teh, memilih buku panduan barista yang baik merupakan hal yang penting.

Pastikan buku panduan barista yang Anda pilih mencakup hal-hal mendasar. Anda harus menemukan instruksi tentang perbedaan berbagai jenis kopi. Fokus tidak hanya pada perbedaan rasa, tetapi juga daerah, tempat tumbuh, harga, kualitas dan metode roasting. Pastikan buku panduan barista Anda berisi pula petunjuk tentang teh. Anda harus menemukan teknik pembuatan minuman yang tepat, metode untuk membuat minuman panas, es dan juga teh;  istruksi teh latte, dan pilihan lainnya.

Espresso harus memiliki bagian instruksi khusus sendiri. Setelah mempelajari buku panduan barista yang baik, Anda harus tahu proses pembuatan espresso, bagaimana memilih kualitas biji roasting espresso, dan bagaimana untuk membuat espresso shot dan tahu mengenai takaran, rataan dan tamping.

Susu juga harus memiliki bagian instruksi sendiri. Teknik dasar steaming dan perbedaan antara steaming 2% dan susu skim harus pula dijabarkan. Selain itu, Anda harus memiliki buku panduan yang jelas tentang kontrol suhu yang tepat, metode penanganan busa yang tepat dan bagaimana menggunakan susu dalam penyiapan minuman kopi dan teh.

Buku panduan barista yang baik akan memilki bagian mengenai menu. Bagian ini harus mencakup resep minuman kopi dan teh, istilah slang dan deskripsi penyiapan minuman yang tepat. Carilah pula bagian menu smoothie, termasuk teknik penyiapan, perbedaan antara menggunakan buah utuh dan buah yang dicampur dan pilihan berbagai produk smoothie.

Anda juga harus menemukan bagian mengenai peralatan. Pada bagian ini, Anda harus belajar tentang berbagai jenis peralatan dan kegunaannya, serta perbedaan di antara masing-masing produsen. Buku panduan barista yang baik juga akan menginstruksikan metode pembersihan dan sanitasi yang layak, perawatan yang tepat dan menawarkan teknik perbaikan sederhana.

Sejarah kopi juga merupakan bagian penting dari sebuah panduan barista yang baik. Carilah informasi tentang sejarah kopi dan teh, termasuk etimologi. Sebuah bahasan tentang biologi dan budidaya merupakan bagian penting dari pelatihan barista, dan juga bagian fakta-fakta kunci tentang kopi dan teh sangatlah penting. Buku panduan barista yang baik juga akan mencakup informasi tentang aspek sosial dan kesehatan kopi dan teh, serta membahas teknik penyimpanan yang benar.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...