Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Tips Cara Memilih Biji Kopi Arabika Terbaik



Memilih biji kopi arabika ternaik biasanya merupakan keterampilan dalam memahami perbedaan tingkat roasting, mengetahui indikasi kualitas, dan menemukan biji yang sesegar mungkin. Hal spesifik seperti bagaimana kopi di petik dan darimana asalnya juga harus menjadi perhatian. Informasi ini dapat ditemukan relatif mudah melalui sedikit riset. Di toko kopi khusus, pelayan atau pemiliknya mungkin dapat menjawab pertanyaan Anda. Dan, ide baik bila Anda bereksperimen dengan biji kopi. Anda dapat berbelanja berbagai jenis kopi dan mencobanya dalam rangka menemukan pilihan terbaik bagi Anda.

Biji kopi Arabika merupakan bahan utama bagi banyak kopi blend. Kekuatan dan intensitas rasa kopi arabika sebagian besar muncul berdasarkan cara me-roasting biji kopi. Memahami perbedaan roasting adalah hal pertama yang perlu Anda kuasai untuk memilih biji kopi arabika terbaik.

Biji kopi mentah umumnya memiliki rasa yang sangat pahit, dan bila kita menyeduhnya, rasa minuman yang didapat tidak akan seperti apa yang kebanyakan orang asosiasikan dengan kopi. Untuk mendapatkan minuman cokelat tua/ hitam yang disukai oleh begitu banyak orang, biji harus di-roasting, biasanya di atas api atau dalam oven khusus. Panas menyebabkan biji kopi melepaskan minyak, dan meningkatkan rasa mereka. Roasting ringan, roasting menengah, dan roasting gelap adalah tiga tipe yang paling umum, tetapi produsen yang berbeda memiliki tipe roasting yang berbeda pula, dan sering memberikan sebutan yang berbeda untuk masing-masing tipe. Belajar tentang pengaruh berbagai tipe roasting terhadap rasa akan membantu Anda dalam menentukan pilihan.

Blending merupakan pertimbangan penting lainnya. Biji kopi sering dicampur dengan berbagai jenis biji kopi dan rempah-rempah selama roasting untuk menciptakan variasi pada minuman akhir. Dalam beberapa kasus, biji kopi robusta -yang lebih murah- ditambahkan ke dalam kopi Arabika. Tindakan ini dapat mengubah rasa dan tekstur minuman yang dihasilkan secara keseluruhan, dan merupakan hal yang harus diwaspadai. Istilah Arabic Blend  bisa berarti kopi tersebut dicampur dengan rempah-rempah dari luar, tapi bisa juga menunjukkan bahwa biji tidak murni Arabika.

Kesegaran kopi menjadi perhatian terbesar. Biji kopi arabika yang terbaik adalah yang paling baru di-roasting, karena kopi ini akan memiliki rasa kuat dan segar. Jika Anda tinggal di dekat toko yang menyangrai kopi, usahakan sesering mungkin membeli biji dalam satu atau dua hari setelah di-roasting. Jika tidak, pastikan untuk melihat tanggal produksi pada kemasan komersial.

Biji yang telah dikemas hampir pasti akan selalu menyertakan tanggal roasting. Carilah biji kopi yang di-roasting dalam waktu kurang dari satu bulan dari saat pembelian untuk rasa dan kesegaran optimal.

Pilihan terbaik adalah bila Anda membeli biji kopi utuh, kemudian menggiling mereka di hari Anda akan menggunakannya. Menggiling kopi di rumah merupakan pekerjaan yang relatif sederhana, dan hampir selalu menghasilkan minuman yang lebih baik. Biji kopi kehilangan banyak kelembaban dan rasa ketika mereka digilimg.

Ada beberapa kontroversi dalam industri kopi mengenai etika penanaman dan sumber kopi, terutama di negara berkembang. Jika Anda prihatin tentang praktik eksploitasi tenaga kerja pada perkebunan yang menanam biji kopi arabika Anda, Anda bisa mencari kopi berlabel fair trade. Fair trade diberikan kepada roaster dan distributor yang berkomitmen mendapatkan biji kopi hanya dari koperasi petani yang telah mengadopsi hak dan praktek perburuhan yang adil. Kopi fair trade seringkali lebih mahal dan tidak pernah bermutu rendah.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...