Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Thermal French Press : Alat Kopi French Press yang Menjaga Kopi Tetap Panas



Thermal french press, atau cafetiere, menggunakan metode french press untuk menyiapkan kopi dalam wadah yang dirancang untuk menjaga kopi tetap panas. Ini adalah pengembangan dari french press tradisional, yang menggunakan pot kaca.  Banyak model thermal french press yang dibuat oleh sejumlah produsen dalam berbagai ukuran, dan mungkin tersedia dalam beberapa bentuk khusus. Banyak konsumen menyukai cafetiere karena mereka menyukai gaya french press tetapi ingin kopi mereka tetap hangat dalam waktu yang lama.

Para ahli dalam sejarah kopi menyatakan french press pertama kali digunakan pada pertengahan abad ke-19. Telah lama populer di Perancis dan Italia, pot ini belum dikenal secara massal di Amerika Utara sampai akhir abad ke-20. Karena semakin banyak penggemar kopi yang mengenal berbagai gaya penyeduhan dan juga mulai selektif mengenai kualitas kopi, penjualannya semakin naik.

Sayangnya, rata-rata kopi yang dibuat di french press harus cepat dikonsumsi setelah diseduh. Namun, banyak orang ingin membuat kopi yang bertahan selama setidaknya beberapa jam. Ini adalah salah satu alasan mengapa popularitas mesin kopi drip otomatis yang mewadahi minuman kopi di teko termal terus meningkat. Tentu saja, teko termal atau banyak cangkir terisolasi juga merupakan cara untuk menjaga kopi tetap panas.

Untuk mencoba memenuhi permintaan ini dan memperpanjang jangka waktu kopi bisa tetap panas bagi para pecinta metode cafetiere, sejumlah produsen berfokus untuk menciptakan model pot yang mengakomodasi keinginan tersebut. Agar kopi tetap panas, pot biasanya dibuat dari stainless steel berdinding ganda, dan penutup di atas menggunakan segel ketat agar panas tidak lepas. Langkah-langkah tambahan ini cenderung meningkatkan biaya. Sebuah thermal french press seringkali dua sampai tiga kali lebih mahal dari harga french press tradisional yang menggunakan kaca.

Pelanggan dapat menemukan pot yang mampu membuat sebanyak enam sampai delapan cangkir kopi. Model thermal french press  terbaru mungkin juga tersedia dalam ukuran travel mug. Pelanggan dapat menemukan cafetiere termal di toko kopi dan alat masak, di department store high-end dan secara online dari berbagai vendor. Untuk mempersempit pilihan, pelanggan bisa membaca komentar atau review online untuk berbagai merek cafetiere.

Sulit untuk mengatakan berapa lama thermal french press akan menjaga kopi tetap panas. Sejumlah produsen menyebutkan bahwa kopi akan cukup panas untuk diminum dalam waktu beberapa jam. Beberapa pot mungkin terisolasi dengan baik sehingga mereka dapat menjaga kopi tetap panas sepanjang hari. Jenis ini cenderung lebih mahal, karena bahan atau desain lebih mahal.

Seseorang yang baru mulai menggunakan french press disarankan berhati-hati dalam memilih kopi untuk metode ini. Metode cafetiere akan sukses dengan biji kopi berkualitas. Untuk hasil terbaik, pecinta kopi mungkin sebaiknya menggiling biji kopi tepat sebelum membuat kopi.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...