Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Shade Grown Coffee: Kopi yang Tumbuh dalam Naungan



Shade grown coffee dihasilkan dari tanaman kopi yang tumbuh di bawah naungan pohon-pohon hutan hujan, kebalikan dari perkebunan kopi konvensional di lahan yang dibuka. Ada sejumlah alasan untuk mencari kopi jenis ini, dan saat ini sudah semakin banyak produsen kopi yang menawarkan shade grown coffee sebagai respon terhadap permintaan konsumen.

Banyak kampanye shade grown coffee difokuskan pada manfaatnya bagi burung, terutama burung pekicau. Dengan menanam kopi di bawah naungan hutan hujan, petani juga menyediakan habitat bagi hewan. Hutan hujan di seluruh dunia sudah semakin habis, karena kepentingan untuk menyediakan lahan pertanian/perkebunan. Banyak spesies yang tertekan, dan para ilmuwan prihatin tentang tingkat kepunahan spesies dan hutan hujan. Shade grown coffee membantu menyelamatkan hutan hujan alami, menyediakan tempat bagi hewan untuk hidup.

Rasa juga menjadi pokok perhatian. Shade grown coffee memiliki rasa yang berbeda dengan kopi yang ditanam secara konvensional. Biji matang lebih lambat, membangun lebih banyak gula, dan menghasilkan rasa yang kompleks, sebelum mereka dipanen. Kopi memang tidak bagus bila ditanam dalam kondisi sinar matahari penuh, sehingga shade grown coffee menghasilkan rasa kopi yang alami. Bagi orang yang ingin melestarikan tradisi dan budaya, shade grown coffee mendorong petani untuk menggunakan praktek-praktek yang telah mereka gunakan selama ratusan tahun.

Ada juga manfaat lingkungan. Dengan menanam shade grown coffee di hutan hujan yang ada, petani dapat memanfaatkan mulsa dan pemupukan alami yang terbentuk karena pohon dan tanaman menggugurkan daun dan buah, menutupi lantai hutan dengan lapisan yang kaya nutrisi. Di banyak tempat, kopi ini adalah jenis kopi organik, yang diproduksi tanpa pestisida dan herbisida. Kopi juga berkembang di lingkungan polikultur, mendorong petani untuk menanam pohon, semak, dan tanaman yang beragam bersama dengan kopi.

Tanaman tropis lainnya juga dapat diproduksi dalam lingkungan teduh. Misalnya, keberhasilan komersial shade grown coffee telah menyebabkan produsen memulai menanam shade grown cacao. Beberapa perusahaan menawarkan sertifikasi independen dan pelabelan bagi produsen, sehingga konsumen dapat mempercayai produk yang mereka beli.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...