Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Proses Penyangraian Kopi



Penyangraian (roasting) kopi adalah langkah dalam pengolahan kopi yang ditujukan untuk mengeluarkan sifat tertentu pada biji kopi. Menyangrai adalah langkah terakhir sebelum kopi mencapai konsumen, dan sejumlah konsumen benar-benar menyangrai kopi mereka sendiri agar memiliki kontrol lebih besar pada kopi mereka. Ada beberapa cara penyangraian kopi, dan dikenal pula berbagai "profil" yang menentukan berapa lama biji harus disangrai, dan dalam kondisi yang diinginkan.

Pada saat panen , kopi mentah perlu melewati beberapa proses termasuk pengeringan dan pembuangan kulit ari sebelum disangrai. Setelah kopi mentah digiling, dikuliti, dibersihkan, dan dipilah, maka kopi itu dikenal sebagai kopi hijau. Kopi hijau siap disangrai, tapi penyangraian tidak selalu dilakukan dengan segera.

Ada beberapa alasan untuk tidak segera menyangrai kopi. Yang pertama adalah kopi hijau lebih stabil daripada kopi sangrai. Untuk transport dan transit, masuk akal bila dilakukan dalam bentuk kopi hijau agar kopi tidak rusak, dan bila kopi disangrai di dekat konsumen maka kopi akan mempertahankan profil kimia kompleks yang membuatnya semakin lezat. Orang yang pernah mengkonsumsi kopi sangrai yang lama disimpan tahu, kopi akan kehilangan banyak profil rasa jika disimpan terlalu lama.

Alasan lain untuk tidak segera menyangrai kopi dikarenakan profil rasa kopi bervariasi tergantung pada seberapa cepat kopi disangrai setelah pengolahan sebelumnya. Beberapa orang setuju bahwa puncak kualitas kopi hijau di sekitar masa satu tahun, dan setelah titik tersebut akan mulai kehilangan minyak yang memberikan aroma pada kopi. Yang lain mungkin menyimpan kopi lebih lama lagi, selama tujuh atau delapan tahun. Banyak orang yang menyukai rasa kopi yang melalui proses pemeraman sebelum disangrai, dan mereka mungkin tidak menyukai rasa kopi yang tidak diperam.

Dalam proses penyangraian kopi, biji kopi pada dasarnya dipanggang. Kopi sangrai sering dinilai berdasarkan warna, dari terang ke gelap, didasarkan pada bagaimana perubahan warna biji. Menyangrai dapat dilakukan dalam drum roaster yang membolak balik kopi, menyangrai dengan dihamparkan di pan, dan jenis roaster lainnya, tergantung pada preferensi produsen. Tergantung pada berapa lama dan tingkat suhu penyangraian, berbagai sifat akan dihasilkan dalam biji, yang mengarah ke profil rasa yang sangat berbeda pada saat kopi diseduh.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...