Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Perkolator : Metode Klasik untuk Membuat Secangkir Kopi dengan Rasa yang Khas



 Perkolator adalah alat yang dirancang untuk menyeduh kopi. Perkolator sebenarnya merupakan alat pembuat minuman kopi yang pertama-tama diciptakan, meskipun mereka tidak lazim pada saat ini, karena telah digantikan oleh drip coffee maker, french press, dan mesin espresso. Rasa kopi yang dibuat oleh perkolator cukup khas, dan banyak orang menyukai rasa yang diperoleh, tetapi juga dibutuhkan keterampilan untuk belajar menggunakan perkolator dengan benar, karena rasa kopi mudah rusak ketika menggunakan sebuah perkolator.

Ada beberapa bagian dari perkolator kopi. Perkolator memiliki corong yang memungkinkan seseorang untuk menuang kopi, dan juga tutup yang biasanya transparan sehingga si pembuat dapat memeriksa kopi yang sedang diseduh. Berikutnya adalah wadah berlubang yang dirancang sebagai menampung kopi yang digiling kasar. Di dalam wadah ada sebuah tabung, yang mengarah ke bagian bawah perkolator, membuat kontak dengan wadah reservoir yang menampung air di dekat sumber panas.

Untuk menggunakan perkolator, pot ini ditempatkan di atas sumber panas seperti kompor atau api unggun. Ketika air di ruang bawah memanas, air akan ditekan ke atas tabung, ia menyembur terpisah dari ampasnya, menimbulkan suara yang sangat khas. Air panas kemudian merembes melalui bubuk kopi, akhirnya menetes kembali ke dalam wadah di bawah. Ketika kopi diseduh dengan baik, air tidak akan pernah mencapai titik didih, dan kopi yang dihasilkan bisa sangat kuat.

Masalah utama perkolator adalah alat ini mudah untuk mengekstrak bubuk kopi secara berlebihan, menciptakan kopi pahit dengan rasa dan aroma yang kurang menyenangkan. Ekstraksi berlebihan terjadi sebagai akibat penggunaan air yang terlalu panas, atau karena kopi diseduh kembali dengan air kopi (double brew), bukan air panas, sehingga menghilangkan aroma volatil kopi. Bila perkolator digunakan dengan benar, kedua masalah ini dapat dihindari.

Beberapa perusahaan membuat perkolator listrik dengan kontroler canggih yang dirancang untuk mengekstrak kopi dengan sangat baik. Jika Anda menggunakan perkolator kompor atau api, Anda harus memperhatikannya dengan seksama untuk memastikan penyeduhan berlangsung dengan benar. Mungkin diperlukan beberapa eksperimen untuk membuat kopi yang sempurna dengan perkolator, jadi bersabarlah dan teruslah mencoba beberapa cangkir sebelum Anda berhasil membuat kopi impian Anda.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...