Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Pengertian Kopi Organik



Organik adalah istilah yang biasanya disahkan oleh masing-masing negara atau wilayah. Dalam lingkup yang luas kopi organik mengacu pada biji kopi yang ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia atau pestisida. Oleh karena banyak petani kopi memang menggunakan bahan kimia dalam jumlah besar, banyak orang mulai mendukung kopi organik.

Salah satu alasan mengapa kopi organik dinilai nikmat adalah cara kopi tersebut diproduksi. Bayangan bahwa biji kopi bisa terpapr sejumlah besar pestisida atau bahan kimia lainnya memberikan kontribusi terhadap timbulnya imajinasi bahwa seseorang sebenarnya hanya mengalirkan atau menuangkankan air panas melalui produk sarat pestisida, untuk membuat secangkir kopi. Pikiran ini tentu saja akan menghilangkan selera.

Tentu saja, kopi organik harganya mahal. Pertama, tidak digunakannya pupuk kimia dapat mengakibatkan berkurangnya hasil panen dari setiap tanaman. Demikian pula, berkurangnya penggunaan pestisida dapat mengakibatkan hanya sedikit biji sempurna yang bisa dijual. Kedua faktor ini cenderung berkontribusi pada harga kopi yang lebih tinggi. Harga dapat bervariasi pada penjualan akhir, tapi tidak jarang harganya mencapai antara 15-20 Dolar AS (USD) per pound.

Alasan lain adalah lahan pertanian kopi organik semakin menyempit, yang dapat mempengaruhi harga. Ini terjadi karena banyak negara yang bersikeras untuk menganggap setiap tanaman yang telah dimodifikasi secara genetik (GMO) merupakan tanaman non-organik. Sejumlah perusahaan yang memproduksi biji kopi organik menanamnya di daerah di mana mereka harus tumbuh di bawah naungan hutan, dan mereka tidak dapat memperluas area pertumbuhan untuk memperoleh hasil lebih banyak. Perusahaan-perusahaan ini menghasilkan lebih sedikit kopi dibandingkan yang lainyan. Mereka yang tidak tertarik mendapatkan label kopi organik dapat menggunakan tanaman yang diubah secara genetik untuk menghasilkan lebih banyak kopi.

Selain meningkatnya ketertarikan terhadap pembelian kopi organik, banyak orang juga mulain menunjukkan ketertarikan pada pentingnya menggunakan model perdagangan kopi fair trade. Kopi ini juga lebih mahal tetapi menjamin hak-hak ekonomi tertentu kepada petani dengan mengorganisir kelompok petani menjadi koperasi.

 Untuk para puritan, potensi masalah lain adalah bagaimana kopi organik tetap dianggap organik. Paparan pestisida dengan cepat dapat terjadi jika kopi disajikan dengan sesendok susu non-organik dan sesendok gula sarat pestisida. Untungnya, mereka yang membeli kopi organik untuk menghindari pestisida dapat pula menemukan susu dan gula organik, jika ini menjadi perhatian mereka.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...