Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Pengertian Kopi Luwak



Kopi luwak adalah kopi langka yang diproses dengan cara yang paling tidak biasa dan tak terduga; secangkir kopi luwak terbuat dari biji kopi yang telah dimakan dan melewati pencernaan binatang luwak. Biji yang digunakan untuk membuat kopi luwak tidak diambil langsung dari tanaman kopi oleh manusia, tetapi dipilih dan dikonsumsi oleh luwak, mamalia seperti kucing. Setelah luwak mengeluarkan biji-biji kopi bersama kotorannya, manusia mengumpulkan kotoran tersebut, yang kemudian dicuci untuk mendapatkan bijinya, yang kemudian siap untuk di-roasting dan lalu disajikan sebagai minuman. Beberapa produsen dan distributor kopi luwak mengiklankan kopi ini sebagai kopi termahal di dunia.

Kopi luwak memiliki asal-usul dari Indonesia, habitat luwak di Asia. Makhluk ini rupanya sangat menyukai biji kopi dan terkenal sangat selektif dalam memilih biji untuk dimakan, yang dapat berkontribusi pada rasa kopi luwak yang sangat baik. Studi terbaru menunjukkan bahwa sewaktu biji kopi melewati saluran pencernaan luwak, kopi ini terkena enzim yang memicu proses kimia yang melembutkan rasa kopi. Akibatnya, para pecintanya mengklaim bahwa kopi luwak terasa manis dan tidak pahit.

Permintaan kopi luwak telah menciptakan beberapa hambatan bagi produsen serta pedagang kopi. Di banyak tempat, luwak diburu untuk bahan makanan. Sejumlah penduduk pribumi juga membunuh luwak karena hewan ini memangsa unggas. Akibatnya, karena sulit untuk panen kotoran luwak dari alam liar, produsen kopi mencari cara lain untuk memenuhi permintaan kopi luwak.

Para pengusaha sekarang membuka peternakan luwak, binatang ini dikurung dalam kandang dan diberi makan biji kopi. Meskipun cara ini membuat akses ke kotoran luwak menjadi lebih mudah, beberapa penggemar mengklaim bahwa kopi yang dihasilkan dari konsumsi biji kopi oleh luwak yang dikurung tidak sebagus dari luwak liar. Sementara itu, para pedagang kopi juga khawatir akan ke-autentik-an biji kopi luwak tersebut.

Di beberapa tempat, permintaan kopi luwak serta harganya yang tinggi telah mendorong peneliti untuk mengembangkan cara-cara sintetis menghasilkan kopi luwak - seperti kopi luwak yang diperoleh tanpa perlu bantuan dari musang yang sebenarnya. Biji kopi diperlakukan dengan enzim sebelum di-roasting, yang meniru proses pencernaan luwak, sehingga menghasilkan kopi lembut yang bisa dijual dengan harga kompetitif.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...