Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Pengertian Kopi Espresso



Kopi espresso adalah kopi kental yang telah diseduh menggunakan mesin espresso dan menjadi dasar dari banyak minuman kopi populer. Meskipun terdapat beberapa kebingungan mengenai terminologi, espresso dapat dibuat dari hampir setiap merek atau tipe roasting kopi, meskipun roasting gelap sering dicap sebagai "untuk espresso" oleh penjual. Kopi espresso telah ada selama lebih dari satu abad, tetapi mulai naik daun di akhir abad ke-20 sebagai bahan pokok minuman di kedai kopi.

Kopi espresso shot memiliki tekstur tebal, hampir seperti sirup, dengan busa merah-coklat di atasnya. Meskipun disajikan dalam jumlah kecil, minuman ini sangat kaya sebagai akibat dari proses pembuatan yang unik. Belajar untuk membuat, atau "menarik," espresso shot yang sempurna memerlukan waktu dan kesabaran, tetapi merupakan upaya yang layak dilakukan.

Salah satu perbedaan utama antara espresso dan kopi biasa adalah kehalusan penggilingan. Tidak seperti coffee drip, espresso digiling halus, hampir seperti bedak bubuk. Gilingan yang lebih kasar akan memungkinkan air untuk lewat terlalu cepat, menipiskan rasa espresso.
Untuk membuat espresso yang sempurna, mesin khusus yang digunakan akan menekan air panas melalui kopi bubuk padat pada tekanan yang intens, mengekstrak sebanyak mungkin rasa ke dalam minuman kopi. Espresso shot kecil, biasanya menghasilkan sekitar satu ons (29,5 ml) minuman, meskipun banyak mesin espresso mampu mebuat 2-4 espresso shot sekaligus.

Memilih mesin espresso yang terbaik sangat tergantung pada frekuensi penggunaan dan fitur tambahan yang diinginkan oleh pengguna. Beberapa mesin memungkinkan pembuatan espresso dan kopi lainnya, sementara yang lain mengkhususkan diri untuk menciptakan porsi tunggal, hanya kopi espresso yang sempurna. Banyak fitur dilengkapi tuas busa, yang dapat digunakan untuk membuat buih tebal, halus untuk topping minuman kopi dengan menekan udara panas ke dalam pot susu. Mesin espresso mudah ditemukan di toko-toko kopi, toko perlengkapan dapur, dan super market. Pertimbangkan meminta bantuan teman barista atau pecandu-kopi untuk membantu Anda memilih model yang sempurna.

Setelah pembuatan, kopi espresso kemudian dapat disajikan langsung atau diproses lanjut menjadi puluhan aneka minuman. Untuk minuman americano, air panas ditambahkan ke espresso. Cappuccino biasanya merupakan kopi espresso shot ganda dengan tambahan susu steam dan busa beludru dalam jumlah yang sama. Espresso con panna adalah kopi espresso shot yang nikmat dengan sesendok krim di atasnya.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...