Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Pengertian Barista Café



Barista kafe adalah orang yang bekerja di café (kedai kopi). Mereka harus memiliki pengalaman menyiapkan semua jenis kopi atau bisa juga masih dalam taraf on the job training - tergantung pada preferensi pemilik kafe dalam mempekerjakan barista. Kata barista berasal dari Italia, yang artinya seorang pekerja di sebuah bar kopi. Seorang barista dapat bekerja di kedai kopi besar di pertokoan atau di kedai kecil di dalam pusat perbelanjaan. Sebuah toko kombinasi seperti toko roti/ bistro atau toko buku/ kedai kopi bisa jadi juga mempekerjakan seorang barista.

Orang-orang yang bekerja sebagai barista umumnya diharapkan bisa komunikatif dengan pelanggan dan staf lainnya. Keterampilan pelayanan pelanggan serta kemampuan membuat kopi yang sangat baik adalah kualitas penting bagi seorang barista cafe. Barista juga perlu belajar hal-hal baru dengan cepat, karena mereka diharapkan dapat membuat setiap item minuman sesuai dengan kebutuhan dan situasi. Konsistensi sangat penting dalam industri makanan karena pelanggan mengharapkan kualitas dan rasa yang sama setiap kali mereka memesan makanan atau minuman favorit.

Kebanyakan kedai kopi menawarkan minuman berbasis kopi panas dan dingin. Espresso adalah jenis minuman kopi yang umum dan bisa juga dibuat manis dengan tambahan gula. Espresso adalah kopi Italia yang kuat, dibuat dengan bubuk kopi halus. Kopi latte dibuat dengan espresso dan susu steam berbusa. Seorang barista cafe juga sering membuat dan menyajikan cappuccino, yang merupakan espresso dengan susu berbusa, kayu manis, pala dan whipped cream.

Barista cafe biasanya juga menyiapkan dan melayani pesanan teh hitam yang disebut chai. Chai berasal dari India dan merupakan teh hitam dengan tambahan susu steam. Kebanyakan toko-toko kopi juga menyediakan teh herbal bagi pelanggan. Mereka biasanya juga melayani pesanan frappe, yaitu berbagai varietas es kopi yang mungkin juga mengandung buah. Barista juga dapat mempersiapkan smoothie buah yang dibuat dengan es krim.

Barista cafe dapat menyediakan es krim di piring atau cone, dan menyajikan salad ringan atau sandwich. Makanan berat tidak ditemukan di sebagian besar kedai kopi. Kue-kue, pastri, dan dessert adalah makanan pendamping yang umumnya disajikan.

Barista cafe diharapkan memiliki kemampuan teamwork yang baik. Mereka diharapkan mampu bekerja sama dengan rekan kerja untuk memberikan layanan pelanggan terbaik. Selain membuat dan menyajikan minuman, seorang barista juga dapat mempromosikan produk baru kepada pelanggan di toko tersebut. Seorang barista cafe sering pula dibutuhkan untuk menangani pembayaran. Melakukan kerja bersih-bersih juga merupakan tugas barista pada umumnya.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...