Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Mug Kopi French Press



Mug kopi french press adalah mug kopi portabel, atau untuk travel, yang memiliki mekanisme french press built-in sehingga kopi dapat dibuat langsung di dalam mug (cangkir). Istilah french press umumnya mencakup seperangkat alat french press dan metode untuk menyiapkan kopi dengan perangkat tersebut. Biasanya, kopi disiapkan dalam pot kopi dan dituangkan ke dalam cangkir. Sedangkan dalam mug kopi french press, kopi disiapkan langsung dalam mug, sehingga tidak diperlukan mug kopi yang terpisah. Namun, mug kopi french press hanya dapat digunakan untuk membuat satu cangkir penuh kopi dalam sekali waktu.

Bagian yang menyusun mug kopi french press adalah wadah untuk menampung air dan kopi, serta perangkat plunger dengan filter berpori di ujungnya. Air panas dan bubuk kopi dituangkan ke dalam wadah dan dibiarkan selama beberapa menit, sesuai pada seberapa kuat kopi yang diinginkan. Setelah itu, plunger, sering kali berada di bagian atas mug, dimasukkan ke dalam wadah. Plunger ditekan ke bagian bawah cangkir, menjebak ampas kopi di bagian bawah dan membuat wadah penuh kopi. Plunger memiliki lubang halus sehingga air kopi dapat mengalir melaluinya, sedangkan ampas kopi tidak bisa.

Meskipun metode penyiapannya sama, ada beberapa perbedaan di antara mug kopi french press dan pot kopi french press. Secara umum, mug kopi french press dibuat dari logam atau plastik sedangkan pot kopi french press sering terbuat dari kaca. Di banyak desain, mug juga memiliki tutup yang dapat tertutup rapat, serta ada lubang kecil yang seseorang dapat minum melaluinya. Semua fitur tersebut meminimalkan risiko menumpahkan kopi atau mememecahkan mug ketika dibawa dalam perjalanan.

Mug kopi french press populer karena metode penyiapannya sangat sederhana dan banyak orang merasa bahwa ia menghasilkan kopi yang sangat baik.

Namun, seperti dalam setiap metode pernyiapan, lezatnya kopi tergantung pada berbagai faktor, termasuk kualitas biji kopi yang digunakan dan cara penyiapan. Biji kopi berkualitas rendah akan menghasilkan kopi berkualitas rendah. Selain itu, jika bubuk kopi terlalu lama berada di dalam air, kopi dapat jadi terlalu kuat dan pahit bagi lidah seseorang.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...