Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Mesin Kopi : Alat Pembuat Kopi Otomatis



Mesin kopi adalah sistem pembuatan kopi otomatis yang menggunakan listrik. Sebelum penemuan dan penggunaan listrik secara luas, ada berbagai jenis peralatan pembuatan kopi non-listrik yang digunakan. Banyak merek dan model mesin kopi sekarang tersedia untuk penggunaan rumah tangga dan komersial. Mesin-mesin kopi biasanya memiliki frame luar yang terbuat dari logam atau plastik.

Mesin kopi komersial biasanya dirancang untuk digunakan secara konstan di restoran dan perusahaan layanan-makanan lain. Mesin kopi yang dibuat untuk pemakaian di rumah mungkin hanya bertahan beberapa tahun dalam penggunaan berat, namun kebanyakan mesin ini cukup murah untuk diganti. Mesin kopi biasanya memiliki reservoir air, filter, sistem penyeduhan, dan teko kaca atau keramik. Beberapa mesin memiliki konfigurasi dasar, sementara yang lain mungkin memiliki fitur yang berbeda seperti jam dan timer. Model ini memungkinkan peminum kopi untuk mempersiapkan dan memprogram mesin mereka untuk membuat minuman yang diseduh pada waktu yang mereka pilih.

Penting untuk dicatat bahwa saat ini mesin kopi listrik masih menyeduh dengan menggunakan konsep dasar yang dikembangkan pada awal hingga pertengahan abad ke-19. Perkolasi, yang mana air bergerak ke atas melalui tabung silinder dan melewati kopi, telah digunakan pada awal abad ke-19 di Perancis. Pada pertengahan abad ke-10 di Inggris dikembangkan model mesin kopi vakum: mekanisme vakum menghubungkan air dari satu pot ke yang lainnya.

Sebuah mesin kopi modern biasanya melewatkan atau meneteskan air secara otomatis melalui bubuk kopi, proses ini dikenal sebagai penyeduhan drip. Air pertama-tama ditempatkan ke dalam reservoir di dalam mesin. Sebuah filter kertas biasanya digunakan di banyak mesin kopi. Bubuk kopi ditempatkan ke dalam filter. Ketika mesin dicolokkan ke stopkontak listrik, proses penyeduhan drip dimulai secara otomatis, kopi siap-minum biasanya dihasilkan dalam beberapa menit.

Mesin kopi otomatis biasanya memiliki elemen pemanas sehingga kopi dalam pot kaca akan tetap hangat sampai dibutuhkan. Mesin kopi rumahan biasanya dapat menyiapkan 10 dan 12 cangkir sekaligus. Ada juga pembuat kopi mini yang menyeduh hanya satu atau dua cangkir pada satu waktu. Banyak mesin kopi dirancang untuk ditaruh di meja, tetapi ada juga model yang dibuat untuk di taruh di bawah lemari dapur untuk menghemat ruang. Ada juga berbagai model berdasarkan bentuk filter kertas yang mereka gunakan, bentuk kerucut dan bulat merupakan filter kopi yang paling umum.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...