Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Manfaat Kesehatan Kopi



Para peminum kopi dulu dianjurkan untuk mengurangi jumlah kopi yang mereka konsumsi berdasarkan asumsi bahwa kopi buruk bagi kesehatan mereka. Banyak stigma mengenai kopi disebabkan karena tingginya kandungan kafein dalam minuman ini. Meskipun demikian, penelitian telah menunjukkan bahwa ada banyak manfaat kesehatan dari kopi bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, tiga sampai empat cangkir sehari.

Ada kekhawatiran, mengkonsumsi kopi terlalu banyak dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung, tetapi beberapa peneliti percaya bahwa manfaat kesehatan kopi mungkin lebih besar daripada risikonya. Beberapa manfaat kesehatan kopi mungkin termasuk penurunan risiko kanker, diabetes, penyakit parkinson dan penyakit batu empedu, serta menaikkan tingkat metabolisme.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kopi mungkin memiliki sifat anti - kanker. Beberapa studi menunjukkan bahwa risiko kanker hati berkurang sebesar 50 persen. Penelitian juga menunjukkan beberapa korelasi dalam hal pengurangan kanker lainnya, seperti kanker usus besar dan kanker payudara.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko diabetes sebanyak 50 persen. Efek positif lain dari kopi adalah umeningkatkan tingkat metabolisme seseorang serta dapat mengurangi kadar gula darah. Kopi dapat meningkatkan kesehatan penderita diabetes serta mencegah timbulnya penyakit ini pada mereka yang tidak menderitanya.

Kopi juga diyakini berperan untuk perlindungan terhadap penyakit parkinson, dan peminum kopi rutin cenderung lebih sedikit menderita gejala penyakit batu empedu. Ini bisa jadi karena kopi mengurangi kadar kolesterol empedu yang diproduksi oleh hati.

Meskipun terbukti ada beberapa manfaat kesehatan dari kopi, para ahli masih ragu tentang apakah manfaat lebih besar daripada risikonya. Di antara efek negatif kopi, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah besar, kopi diyakini akan meningkatan tekanan darah dan detak jantung, detak jantung juga menjadi tidak teratur, kecanduan, kecemasan, iritabilitas dan insomnia. Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara kopi dan penyakit jantung, gangguan pencernaan, mulas, osteoprosis pada wanita menopause dan memperburuk gejala sindrom pramenstruasi. Penelitian juga menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi kesuburan pada wanita yang sedang berusaha untuk hamil.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...