Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Kopi Kona : Kopi Premium Asal Hawaii



Kopi Kona adalah jenis kopi yang ditanam di wilayah Kona, Big Island, Hawaii. Kopi ini dilindungi oleh hukum untuk memastikan hanya kopi yang ditanam di daerah tertentu dapat dijual sebagai "kopi Kona," dan kopi ini adalah jenis kopi gourmet yang sangat mahal dan berharga sangat tinggi di pasar internasional. Kopi ini dikenal karena memiliki kualitas tinggi yang konsisten. Adanya pengendalian kualitas yang ketat yang diberlakukan di Hawaii bisa memastikan bahwa hanya kopi terbaik yang dijual di bawah label “Kona”.

Kopi ini ditanam di lereng Mauna Loa dan Mount Hualali, Big Island. Tanaman ini dikelola secara intensif, dengan banyak perkebunan yang memanen biji kopi menggunakan tangan di beberapa siklus panen untuk mendapatkan buah saat berada di tingkat kematangan optimal. Petani dapat memilih untuk memproses sendiri buah kopi mereka, atau mereka dapat bekerja sama dengan petani lain di fasilitas pengolahan yang lebih besar yang akan menangani proses pengeringan dan penyangraian biji.

Kopi Kona Tipe I merupakan buah dengan dua biji, dan dibagi menjadi beberapa kelas berdasarkan kualitasnya. Kopi Kona Tipe II adalah buah dengan satu biji, dikenal sebagai peaberry. Produk ini juga dibagi menjadi beberapa kelas, berdasarkan kualitas. Kelas yang lebih rendah, Tipe III, tidak dapat dijual di bawah label Kona.

Karena kopi Kona bisa sangat mahal, tak jarang ada beberapa perusahaan yang menjual campuran Kona. Campuran ini dibuat dengan persentase kopi Kona yang kecil, dan biji kopi lebih murah berada dalam persentase yang lebih besar. Bahkan ada campuran yang hanya 10%-nya merupakan kopi Kona. Kualitas kopi campuran tersebut dapat bervariasi tergantung pada jumlah biji Kona yang dan biji yang lebih murah yang digunakan untuk mengisi campuran.

Kopi telah tumbuh di Hawaii sejak tahun 1830-an. Iklim Kona cocok untuk kopi, dan kopi dari daerah ini berkualitas tinggi dalam sejarah panjangnya. Beberapa asosiasi berdiri untuk melindungi kopi Kona, meningkatkan produksi kopi di Hawaii, dan mengatur kualitas untuk memastikan bahwa nama Kona terus dikaitkan dengan kualitas kopi. Organisasi-organisasi ini telah merancang sejumlah logo yang bisa digunakan oleh konsumen untuk mengidentifikasi mana kopi Kona yang asli.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...