Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Kopi Gourmet : Kopi yang Memiliki Karakteristik Rasa Unggul



Istilah kopi gourmet dimaksudkan untuk tipe atau kopi blend yang memiliki karakteristik rasa dan metode penanaman unggul. Dengan demikian, kopi ini sering lebih mahal dibandingkan kopi biasa. Kopi gourmet bisa menjadi sangat lezat bagi pecinta kopi, tapi hati-hati : tidak ada regulasi untuk istilah gourmet, yang berarti bahwa setiap perusahaan dapat menempatkan istilah ini pada produknya meskipun tak ada klaim nyata untuk kopi tersebut.

Kopi gourmet bisa berasal dari berbagai wilayah di seluruh dunia, seperti Afrika, Hawaii, Amerika Tengah dan Selatan, dan Timur Tengah. Kopi jenis ini juga dapat di-roasting ringan, menengah , atau gelap untuk memberikan karakteristik rasa tertentu atau mempengaruhi tingkat kandungan kafein. Teknik roasting dari beberapa kawasan dapat disebut gourmet, tergantung pada kualitas biji dan teknik roasting tersebut.

Kopi yang tumbuh di wilayah tertentu sering dianggap gourmet karena dapat memastikan kontrol kualitas; produsen kopi ini tidak mencampur biji dengan biji lain yang berkualitas lebih rendah untuk menghemat uang.

Kopi gourmet juga dapat didefinisikan karena tingkat kesulitan penanaman atau pengolahannya. Jamaica Blue Mountain Coffee dan Cona Coffee, misalnya, hanya tumbuh di daerah yang sangat kecil di bawah kondisi yang sangat spesifik. Kopi peaberry adalah produk dari mutasi unik biji kopi yang menyebabkan hanya satu biji atau keping yang terbentuk bukannya dua seperti biji kopi pada umumnya. Salah satu kopi gourmet yang paling mahal di dunia adalah Kopi Luwak , yang bijinya telah dimakan dan dikeluarkan oleh binatang luwak, memberi mereka rasa yang unik. Kopi Luwak adalah kopi gourmet yang sungguh nikmat, dan mungkin harganya mencapai ratusan dolar USA per pon.

Tipe lain dari kopi gourmet adalah rasa tambahan berupa minyak, atau sirup yang ditambahkan selama pemrosesan. Penambahan perasa ini dapat menghasilkan campuran unik seperti kopi cokelat-karamel-kelapa, atau bisa ditemukan rasa lain seperti vanili dan hazelnut. Rasa tambahan yang dianggap menghasilkan kopi gourmet merupakan perdebatan besar diantara fans kopi. Banyak pecinta kopi merasa bahwa rasa buatan digunakan untuk menutupi rasa biji kopi yang miskin, di sisi lain ada juga yang menganggap rasa sebagai interpretasi baru bagi secangkir kopi.

Di mata sejumlah fans kopi, kopi gourmet mirip dengan anggur. Setiap blending atau biji memiliki rasa unik sendiri, kedalaman, dan bahkan pasangan makanan yang tepat. Beberapa kedai kopi menawarkan acara mencicipi kopi untuk mendidik pelanggan tentang karakteristik yang berbeda dari berbagai jenis kopi.

Belajar tentang kopi gourmet dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk memperluas cakrawala pengetahuan pecinta kopi dalam berpetualang menikmati produk yang kaya ini; dan fanatik kopi bahkan akan mengenali waktu, tempat, dan emosi yang dialami ketika mereka merasakan secangkir kopi gourmet yang benar-benar sempurna.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...