Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Kompetisi Barista : Ajang Pembuktian Para Barista



Kompetisi barista adalah suatu even dimana orang-orang berlomba untuk menghasilkan minuman kopi berbasis espresso yang terbaik. Barista, para bartender dari dunia perkopian, harus mencapai tingkat keterampilan tinggi untuk menghadiri kompetisi ini. Beberapa negara memiliki kompetisi regional tahunan, dengan World Barista Competition berlangsung setiap tahun sejak tahun 2000. Bagi orang-orang yang menikmati kopi dan budaya barista, kompetisi seperti ini dapat menjadi even yang sangat menarik untuk dihadiri.

Dalam kehidupan kerja mereka, barista membuat berbagai minuman berbasis espresso, dan dapat pula menghasilkan minuman kopi lainnya, tergantung tempat mereka bekerja. Di beberapa komunitas, istilah "barista" ditujukan pada seseorang yang telah menunjukkan kemampuannya, sementara yang lain merujuk semua pekerja di kedai kopi sebagai barista baik ya atau tidak mereka telah menguasai profesi tersebut. Meskipun membuat kopi mungkin tidak tampak seperti teknologi roket, membuat kopi yang baik sebenarnya sangat menantang, dan barista boleh berbangga akan pengalaman dan keterampilan yang mereka kuasai.

Format kompetisi barista dapat beraneka-ragam. Umumnya, setiap peserta diharuskan membuat espresso, cappuccino, dan signature drink. Mereka mungkin harus menceritakan setiap tahap, menjelaskan apa yang sedang dilakukan dan mengapa, untuk menunjukkan kompetensi dan pemahaman tentang teknik yang mendasari proses pembuatan espresso mereka. Peserta dapat diijinkan untuk bekerja dengan kopi yang mereka bawa ke kompetisi, atau mereka mungkin diwajibkan untuk memanfaatkan persediaan yang disediakan oleh penyelenggara kontes.

Juri mengevaluasi minuman menggunakan sejumlah kriteria. Presentasi merupakan hal penting, dengan banyak kompetisi memberi poin ekstra untuk para barista yang mampu menyulap minuman mereka menjadi sebuah karya seni. Rasa minuman sangat penting, dan tetap menjadi penilaian utama. Poin juga diberikan untuk orisinalitas pada signature drink, serta tingkat profesionalisme dan keterampilan secara keseluruhan. Beberapa juri mengevaluasi setiap peserta untuk memberikan rating yang adil secara keseluruhan.

Orang-orang yang ingin bersaing dalam kompetisi barista sebelumnya diberi daftar aturan sehingga mereka dapat mempersiapkan dan membiasakan diri dengan persyaratan dan prosedur kompetisi. Seringkali, mereka mungkin harus menghadiri tahap untuk memenuhi kualifikasi kompetisi. Memenangkan kompetisi biasanya memberikan hak seorang barista atas hadiah uang tunai di samping pengakuan formal atau keterampilan- secara keseluruhan. Mereka yang menang atau mendapatkan posisi atas cenderung dicari sebagai karyawan di kedai kopi di seluruh dunia, yang tentu saja ingin memanfaatkan keterampilan dan ketenaran mereka.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...