Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Kandungan Antioksidan Dalam Kopi



Antioksidan kopi, mudahnya, adalah antioksidan yang ditemukan pada biji kopi dan minuman yang terbuat darinya. Antioksidan adalah substansi pelawan kanker yang mengurangi atau mencegah efek oksidasi dalam sel dan jaringan tubuh. Melanoidin dan caffeic acid merupakan contoh dari antioksidan yang ditemukan dalam kopi.

Di daerah industri besar, antioksidan kopi banyak dikonsumsi. Hal ini terutama disebabkan oleh pola makan modern yang kekurangan makanan kaya antioksidan lainnya, seperti blueberry dan sayuran hijau gelap. Beberapa studi menunjukkan bahwa minum kopi setiap hari dapat membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit lainnya, seperti kanker dan diabetes tipe-2.

Meskipun antioksidan kopi memiliki berbagai manfaat kesehatan, kafein yang ditemukan dalam kopi hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah moderat. Mereka yang megkonsumsi banyak kafein per hari mungkin mengalami denyut jantung cepat, sulit tidur, dan efek samping negatif lainnya. Wanita yang sedang menyusui harus berhati-hati mengenai konsumsi kafein mereka. Kopi tanpa kafein tersedia, meskipun kandungan antioksidan mungkin lebih rendah.

Jumlah dan konsentrasi antioksidan kopi akan sangat tergantung pada jenis kopi dan level roasting biji kopi. Biji kopi roasting gelap memiliki konsentrasi antioksidan tertinggi. Semakin lama kopi diseduh, semakin tinggi pula kandungan antioksidan, meskipun hal ini juga berlaku pada kandungan kafein.

Antioksidan kopi seringkali lebih ampuh dalam biji kopi segar. Kopi yang ditanam secara organik juga menawarkan manfaat tambahan, karena mereka tidak mengandung pestisida dan bahan karsinogenik lainnya. Sekarang, varietas tersebut telah banyak tersedia, dan mereka bisa ditemukan di supermarket dan toko makanan sehat.

Cara terbaik mendapatkan manfaat antioksidan adalah dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan dan minuman yang mengandung substansi ini. Teh, buah-buahan, dan sayuran mengandung berbagai jenis antioksidan. Suplemen makanan, seperti ekstrak teh hijau, dapat dibeli untuk tujuan yang sama.

Mereka yang peduli dengan kesehatan harus berkonsultasi dengan ahli gizi bersertifikat, ahli menu, atau dokter untuk mendapat bimbingan.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...