Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Jenis-jenis Kopi



Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia, dan memiliki berbagai jenis serta variasi. Banyak perbedaan kunci pada minuman yang dapat ditelusuri menurut dari mana asal biji kopi tersebut. Biji memperoleh karakter rasa berdasarkan jenis mereka, dan kemudian karena kondisi tanah tempat mereka tumbuh. Metode roasting biji kopi juga mempengaruhi hasil akhir, seperti halnya dengan teknik penyiapan dan penyeduhan. Ada berbagai jenis minuman kopi, mulai dari minuman standar hingga espresso atau french press yang lebih eksotis.

Jenis Biji Kopi
Sebagian besar kopi dunia berasal dari salah satu dari dua varietas biji kopi: Arabika atau Robusta. Sebagian besar biji kopi di pasar adalah Arabika. Biji ini biasanya memiliki tekstur halus, rasa yang konsisten, dan tumbuh sangat baik di berbagai iklim.

Biji kopi robusta lebih jarang digunakan, sebagian besar karena mereka cenderung memiliki rasa pahit dan lebih asam. Sebagian besar kopi robusta harus ditanam pada tanah yang telah diolah. Namun, dalam iklim dan lokasi yang tepat, biji kopi robusta dapat menghasilkan minuman dengan rasa dan konsistensi yang mengejutkan.

Perbedaan Geografis yang Signifikan
Rasa kopi biasanya lebih ditentukan oleh daerah penanaman kopi dibandingkan varietas mereka. Biji cenderung memperoleh karakteristik rasa berdasarkan letak geografi dan topografi mereka, dan karena alasan ini kopi sering dijual berdasarkan nama tempat mereka ditanam. Misalnya, varietas Ethiopia cenderung halus dan kadang-kadang beraroma harum, sedangkan biji dari Kenya biasanya berkarakter kuat, dengan rasa yang lebih tajam. Tanaman kopi yang tumbuh di daerah berbatu, tanah vulkanik yang umum di pulau-pulau Pasifik menghasilkan biji kopi yang sama sekali berbeda dari yang dibudidayakan di hutan hujan dan pegunungan Amerika Latin. Mereka tergantung pada sinar matahari, air, dan nutrisi tanah secara keseluruhan.

Teknik Roasting
Biji kopi biasanya tidak digunakan untuk membuat minuman ketika masih mentah. Untuk melepaskan rasa dan aroma, mereka harus di-roasting. Ada beberapa teknik dan proses berbeda yang dapat digunakan, masing-masing mengarah pada hasil yang sedikit berbeda.

Ketika pertama kali dipetik, biji dibungkus dalam buah merah. Lapisan eksterior harus dikupas untuk mendapatkan biji yang berwarna hijau. Sepanjang tahapan roasting, biji hijau berubah ke warna coklat muda, terkaramelisasi, kemudian menjadi coklat tua, yang sering dikenali sebagai “biji kopi”.

Roaster dapat mengontrol kekuatan dan rasa keseluruhan dengan menyesuaikan biji kopi terhadap tingkat panas dan durasi paparan. Metode yang digunakan juga dapat mempengaruhi produk akhir. Kebanyakan proses roasting dilakukan dalam pan di atas api terbuka, tetapi ada banyak variasi teknik termasuk diantaranya menggunakan mesin roasting dan oven khusus.

Opsi Pembelian
Ada beberapa ragam jenis biji kopi yang bisa dibeli. Beberapa toko khusus dan cafe akan menjual biji kopi utuh, biasanya sesaat setelah di-roasting – jenis kopi ini seringkali merupakan pilihan yang hemat, tetapi pelanggan tentunya harus menggiling biji kopi sendiri sebelum menggunakannya. Kopi bubuk lebih mudah ditemukan secara komersil, tetapi biasanya tidak segar. Beberapa roaster juga akan menggiling biji segar bila mendapat pesanan, tapi ini biasanya merupakan pilihan yang lebih mahal.

Konsumen juga bisa membeli kopi tanpa kafein, baik dalam bentuk utuh atau bubuk. Kopi tanpa kafein biasanya tidak memiliki rasa yang berbeda dari kopi biasa, tapi telah mengalami proses kimia untuk menghilangkan banyak senyawa kafein. Biji kopi ini biasanya masih mengandung sejumlah kafein, tetapi hanya dalam jumlah yang sangat rendah.

Cara Menyiapkan
Seperti halnya ada berbagai metode untuk menanam dan me-roasting biji kopi, ada pula berbagai cara untuk menyiapkan biji kopi menjadi minuman. Yang paling sederhana, metode yang paling tradisional adalah menyeduh bubuk kopi dengan air panas. Cara ini dapat dilakukan di atas kompor, tetapi lebih sering disiapkan dengan bantuan sebuah alat yang dikenal sebagai coffee drip. Yaitu dengan mengekspos bubuk kopi dengan air panas cukup lama sehingga mendapatkan kopi dengan rasa yang sedap. Ampas biasanya disaring sebelum disajikan.

Minuman kopi juga dibuat menggunakan french presss, dan kopi yang dihasilkan sedikit lebih kuat. Metode ini membutuhkan air mendidih yang dituangkan ke atas bubuk kopi, kemudian dibiarkan terekstrak beberapa saat. Alat  "press," biasanya memiliki filter halus, yang digunakan untuk mengisolasi ampas di bagian bawah wadah ketika kopi siap disajikan.

Espresso juga merupakan metode populer, terutama di Eropa. Air panas dan uap dipaksa dengan sangat cepat melalui bubuk kopi, biasanya kopi roasting gelap, menggunakan mesin espresso khusus. Yang menghasilkan minuman yang kuat, dan memiliki rasa terkonsentrasi.

Kopi Instan
Yang disebut "kopi instan" banyak tersedia di pasaran, dan tidak memerlukan alat untuk menyiapkannya. Kopi instan adalah kopi pra-seduh, dan secara khusus dirancang untuk larut dalam air panas. Kopi instan terbuat dari biji kopi, tetapi biasanya jauh lebih lemah dan memiliki citarasa yang berbeda dari kopi segar. Banyak karakteristik yang hilang dalam pengolahan, tapi kopi ini disukai oleh mereka yang sedang bepergian atau yang kurang suka berurusan dengan mekanisme pembuatan minuman kopi.

Bahan Tambahan
Ada banyak variasi minuman kopi. Menambahkan susu dan gula adalah hal yang umum, seperti juga kopi yang disajikan dalam keadaan dingin dengan tambahan es batu. Juga espresso, sering dipadukan dengan susu berbusa untuk membuat minuman khusus seperti latte, cappuchino dan macchiato.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...