Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Hal-hal yang Mempengaruhi Harga Kopi



Biji kopi diperdagangkan di bursa berjangka dan komoditas. Dua bursa yang paling penting dalam hal biji kopi adalah New York dan London. Seperti kebanyakan barang-barang lainnya, harga kopi cenderung berfluktuasi berdasarkan hukum persediaan dan permintaan. Bila ada lebih banyak penjual daripada pembeli, harga kopi turun. Ketika ada lebih banyak pembeli dari penjual, harga kopi naik.

Dua jenis biji kopi yang diperdagangkan adalah Arabika dan Robusta. Umumnya, biji kopi robusta dijual 70 % dari harga biji kopi arabika, membuat mereka lebih murah bagi perusahaan kopi utama.

Karena pembeli kopi terbesar dunia dewasa ini mulai banyak membeli biji kopi robusta, permintaan untuk biji kopi Arabika semakin berkurang. Oleh karena itu, perbedaan harga antara kedua jenis biji kopi ini juga terus berkurang. Meskipun pengurangan harga mungkin bermanfaat bagi pihak-pihak yang membeli biji kopi, permintaan untuk biji kopi robusta belum memberikan dampak positif bagi banyak petani kopi.

Ketika biji kopi arabika mendapat permintaan tinggi dibandingkan biji kopi robusta, petani menanam tanaman ini. Sekarang, ketika sebagian besar pembeli ingin membeli biji kopi robusta, petani kopi berebut untuk mengubah jenis biji yang mereka tanam. Berpindah dari menanam biji kopi robusta ke biji kopi arabika membutuhkan banyak waktu, dan mahal, yang sebagian besar petani di negara-negara berkembang tidak dapat bersaing dengannya. Bilamana hampir semua perusahaan yang membeli biji kopi akan memperoleh manfaat dari harga kopi yang lebih rendah, petani yang menanam biji kopi akan mendapat manfaat dari harga yang lebih tinggi.

Selain hukum permintaan dan penawaran yang disebutkan di atas, ada banyak faktor lain yang mempengaruhi harga kopi. Cuaca adalah salah satu kekuatan alam yang sangat mempengaruhi harga biji kopi. Jika biji kopi langka karena cuaca buruk, maka harga kopi akan naik. Bilamana salah satu negara penghasil kopi terbesar mengalami cuaca buruk, harga keseluruhan biji kopi akan meningkat.

Perusahaan-perusahaan yang membeli kopi paling banyak termasuk diantaranya adalah Kraft, Nestle, Proctor & Gamble, dan Sara Lee. Lima negara teratas yang paling banyak menghasilkan biji kopi termasuk Brazil, Vietnam, Kolumbia, Indonesia, dan Ethiopia. Lima negara teratas yang mengkonsumsi kopi paling banyak per kapita adalah Finlandia, Aruba, Islandia, Norwegia, dan Denmark. Negara-negara yang mengimpor kopi paling banyak di seluruh dunia termasuk Amerika Serikat, Jerman, dan Italia.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...