Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

French Press : Cara Terbaik untuk Membuat Kopi yang Sederhana dan Lezat



French coffee press, juga disebut sebagai press pot, atau hanya french press, adalah alat dapur yang digunakan untuk membuat kopi. Alat ini benar-benar manual dan tidak perlu menggunakan listrik, dan merupakan alat yang digunakan untuk membuat kopi yang sederhana, lezat, dan kuat, yang mempertahankan lebih banyak minyak alami dan rasa dibandingkan drip coffee. French press berbentuk teko kaca atau plastik dengan sebuah plunger di tutupnya, di ujung plunger ada filter baja atau nilon yang bisa digunakan berulang-ulang.

Untuk membuat kopi di french press, kita harus menggunakan biji kopi atau kopi bubuk. Biasanya cara terbaik adalah dengan menggiling biji kopi di rumah menggunakan alat penggiling, karena jenis kopi ini memerlukan gilingan kasar dibandingkan kopi yang digunakan pada drip coffee maker. Kopi bubuk yang terlalu halus akan lolos melalui filter, menggagalkan tujuan “penekanan” pada kopi.

Tambahkan sejumlah kopi dalam jumlah yang diinginkan ke dasar teko. Sebagai aturan umum praktis adalah satu sendok kopi bubuk per 4 ons air, tapi ini dapat disesuaikan sesuai dengan preferensi pribadi untuk mendapatkan kopi yang kuat atau lemah. Selanjutnya, rebus air dalam panci terpisah, setelah mendidih, angkat selama beberapa detik untuk memungkinkan suhu turun menjadi sekitar 195-205 derajat Fahrenheit (90-96 derajat Celcius). Ini adalah suhu yang sempurna untuk membuat kopi di french press.

Tuangkan air perlahan-lahan ke french press sampai teko penuh, kemudian aduk dengan lembut sampai semua kopi tercampur air. Pasang tutupnya, tapi jangan tekan dulu. Biarkan plunger kopi berada ditempatnya selama beberapa menit, umumnya sekitar 3-4 menit, agar kopi terseduh sempurna. Tekanlah plunger perlahan-lahan, yang akan memisahkan kopi dari ampasnya, meninggalkan semua ampas ke bawah. Kopi sekarang siap untuk dituang dan dinikmati.

Karena ampas kopi yang tersisa akan terus berada di teko dan tentu saja terus terseduh, french press bukanlah metode yang baik bila lama menunggu sebelum kopi dikonsumsi. Kopi akan menjadi terlalu kuat dan pahit, dan umumnya dianggap "buruk" setelah sekitar 20 menit. Untuk alasan ini, sebaiknya kita hanya menyeduh kopi saat dibutuhkan, atau mencoba untuk menggunakan isi seluruh teko dalam sekali kesempatan, seperti di sebuah pesta makan malam.

French coffee press adalah cara terbaik dan ekonomis untuk membuat kopi yang lezat, beraroma sedap, dan gampang diseduh.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...