Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Kopi Hijau (Green Coffee)



Bisnis roasting kopi dan toko-toko kopi lokal mendapatkan biji kopi mereka dari pertanian dan perkebunan di seluruh dunia. Sebelum mereka di-roasting atau disangrai, mereka dikenal sebagai biji kopi hijau (green coffee). Biji kopi ini merupakan komoditas yang digunakan secara luas di seluruh dunia, dan sering dibeli atau diperdagangkan seperti gula, minyak, atau logam. Seperti komoditas lainnya, harga kopi hijau sebagian besar ditentukan oleh mekanisme penawaran dan permintaan untuk biji ini. Harga meningkat pada saat pasokan terancam, atau jika permintaan naik, dan harga turun karena kelebihan suplai atau kurangnya permintaan.

Pasokan dunia memiliki dampak besar pada harga kopi hijau. Biji kopi umumnya tumbuh di zona iklim yang sangat spesifik, yang menyediakan suhu, paparan sinar matahari, dan kondisi tanah yang tepat agar tanaman ini bisa tumbuh. Sayangnya, banyak daerah tempat kopi tumbuh juga terancam oleh ketidakstabilan politik dan kerusuhan. Kondisi politik dapat membuat kopi sulit dibudidayakan atau diperdagangkan, yang dapat berdampak negatif pada pasokan dunia. Beberapa negara juga dapat memberlakukan pembatasan perdagangan yang juga dapat mempengaruhi pasokan.

Cuaca dan penyakit juga bisa mempengaruhi harga kopi hijau. Penyakit tanaman, hama, dan cuaca buruk dapat menyebabkan panen yang buruk. Pemanasan global, yang memberikan kontribusi terhadap perubahan suhu dan kondisi cuaca ekstrim dunia, juga dapat mengganggu panen kopi. Petani mungkin harus meninggalkan ladang mereka dan menemukan lokasi baru yang lebih kondusif untuk menanam kopi karena perubahan suhu atau cuaca di suatu daerah. Setiap kali pasokan kopi ini terpengaruh, harga kopi hijau juga bisa terpengaruh.

Permintaan kopi di seluruh dunia juga memiliki dampak yang signifikan terhadap harga kopi hijau. Di banyak daerah, permintaan kopi cukup elastis, karena ada beberapa produk pengganti. Karena semakin banyak orang membutuhkan kopi sebagai bagian dari gaya hidup mereka sehari-hari, harga kopi hijau akan cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Masalah ini dapat semakin buruk karena permintaan kopi meningkat di negara-negara seperti Brazil atau Cina, yang secara tradisional bukanlah bangsa peminum kopi. Menjamurnya kedai kopi dan bar kopi di berbagai belahan dunia juga telah menyebabkan meningkatnya permintaan biji kopi hijau.

Di luar mekanisme penawaran dan permintaan, harga juga dapat dipengaruhi oleh perdagangan spekulatif di pasar dunia. Jika investor membeli komoditas kopi dalam jumlah besar, mereka dapat memalsukan peningkatan harga kopi. Peningkatan harga ini mungkin akan terus menetap bahkan setelah harga perdagangan komoditas pulih ke harga pasar di tingkat normal. Bahkan perdagangan di pasar berjangka untuk barang terkait, seperti minyak, dapat mempengaruhi harga kopi hijau.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...