Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Efektifitas Kopi Sebagai Pencahar



Kebanyakan orang tidak memanfaatkan kopi sebagai pencahar untuk sembelit yang parah, tetapi untuk masalah pencernaan yang tidak terlalu parah, kopi bisa jadi sangat efektif. Efektivitas kopi untuk tujuan ini tergantung pada individu yang berkaitan, kesehatan fisiknya, dan setiap kondisi yang mendasarinya. Bagi sebagian orang, kopi sebenarnya memiliki efek berlawanan dan bahkan menyebabkan sembelit parah. Kopi juga dapat menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, meskipun kopi memiliki efek pencahar, tetapi ketika diperlukan pencahar yang handal, kopi biasanya bukan pilihan terbaik.

Alasan mengapa minuman ini bekerja sebagai pencahar ialah karena ia merangsang peristaltik, yang merupakan proses kontraksi yang memindahkan makanan di sistem pencernaan. Proses ini dapat dipercepat dengan menggunakan kopi sebagai pencahar yang menyebabkan gerakan usus menjadi lancar.

Umum juga bagi seseorang untuk menemukan potensi kopi sebagai pencahar ketika minum minuman ini dalam jangka waktu yang panjang. Karena banyak orang minum kopi pada waktu yang sama setiap hari, kopi bisa sangat efektif dalam mengatur pola buang air besar seseorang. Penggunaan kopi sebagai pencahar biasanya tidak keras atau kasar sebagaimana obat pencahar yang dibeli di apotek. Dengan demikian, beberapa orang tidak pernah menyadari sumber pergerakan usus mereka setelah mengkonsumsi minuman ini sebagai sarapan.

Bagi orang-orang dengan kondisi tertentu, kopi justru dapat menyebabkan sembelit. Yaitu dengan membuat orang dehidrasi, yang pada gilirannya akan menyebabkan sembelit. Seseorang dapat pula mengalami sembelit karena alergi terhadap kopi itu sendiri, tetapi beberapa orang mengalami kondisi ini sebagai reaksi terhadap susu atau creamer yang diminum bersama kopi. Dan bisa juga, sebagian orang bereaksi buruk terhadap kafein dalam kopi, mereka akan mendapati kopi tanpa kafein tidak menyebabkan sembelit.

Namun, efek pencahar pada kopi sebenarnya tidak tergantung pada kandungan kafein. Bahkan kopi tanpa kafein juga dapat merangsang peristaltik dan bekerja efektif sebagai pencahar. Minum kopi tanpa kafein dapat membantu menghindari dehidrasi yang terkait dengan kopi, dan berpotensi memberikan efek pencahar yang lebih efektif bagi sebagian orang.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...