Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Coffee Roastery : Bisnis Roasting Kopi



Coffee roastery mengacu pada bisnis atau perusahaan yang me-roasting (menyangrai) kopi hijau. Seringkali, coffee roaster berskala kecil berada di dalam sebuah restoran, kedai kopi, atau bahkan di rumah. Produsen kopi besar memiliki fasilitas roasting yang sangat besar, mampu menghasilkan berton-ton kopi roasting dalam waktu yang sangat singkat. Terlepas dari ukuran, metodologi untuk me-roasting biji kopi pada dasarnya serupa.

Mungkin alat yang paling penting dalam coffee roastery adalah mesin roasting itu sendiri. Mesin ini dirancang untuk mengolah biji kopi hijau melalui berbagai tahap roasting, sampai mereka siap untuk menjadi kopi bubuk. Baik roaster rumah atau kelas komersial beroperasi pada sistem yang memungkinkan biji kopi berada dalam gerakan konstan saat mereka sedang dipanaskan. Gerakan terus-menerus ini biasanya dicapai dengan tekanan udara atau putaran mekanis.

Langkah pertama dalam proses roasting mungkin yang paling lambat. Biji kopi hijau dibiarkan kering dalam roaster sampai mereka berubah warna menjadi kuning muda. Kebanyakan ahli setuju bahwa lebih lambat tahap ini dilakukan, semakin keluar profil rasa biji kopi. Setelah biji berwarna kuning, maka panas di dalam roaster dapat ditingkatkan dan biji dapat di-roasting hingga kedalaman warna yang diinginkan.

Dulunya di USA, hampir semua kopi yang dikonsumsi berupa kopi pra-giling (sudah di-roasting) dari Kolombia atau Peru. Akhirnya, konsumen mulai menuntut rasa yang lebih segar, dan para pedagang mulai menawarkan biji kopi yang di-roasting dan digiling di tempat. Inilah yang menyebabkan terjadinya peningkatan permintaan agar dibukanya coffee roastery lokal.

Sebuah coffee roastery lokal biasanya beroperasi seperti sebuah cafe kecil. Selain menawarkan kopi yang di-roasting di tempat, bisnis ini sering menyediakan kue-kue dan sandwich. Kopi seduh segar disajikan dalam berbagai tingkat roasting dan rasa. Pelanggan juga dapat membeli biji kopi, baik utuh maupun bubuk.

Konsumsi kopi di seluruh dunia mulai meledak pada tahun 1980-an. Dilaporkan bahwa selama tahun 2010, kedai kopi merupakan tren bisnis yang paling cepat berkembang dalam industri restoran, dan yang paling sukses adalah toko-toko yang menawarkan roasting kopi di tempat.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...