Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Cara Mendapatkan Sertifikat Fair Trade Certified™



Untuk mendapatkan sertifikat Fair Trade Certified™ di Amerika Serikat atau Kanada, sebuah perusahaan biasanya harus memenuhi standar tertentu yang ditetapkan oleh Fairtrade Labelling Organizations International (FLO). TransFair USA dan TransFair Canada adalah anggota FLO internasional di Amerika Utara yang mengeluarkan label Fair Trade Certified™. Di luar Amerika Utara, 18 negara lainnya memiliki anggota sendiri yang menyatakan barang yang diberi label sesuai dengan pedoman FLO International.

Inisiatif label fair trade pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1980-an, dan FLO International didirikan pada tahun 1997. Sebelum itu, pasar untuk barang-barang fair trade masih kecil dan tidak terkenal. Dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran konsumen dan mempromosikan praktek yang adil, sertifikasi produk menjadi pilihan yang menarik bagi produsen. Produk berlabel sebagai barang fair trade kemudian dapat dijual di pasar konvensional dengan memiliki tanda perbedaan.

Untuk mendapatkan sertifikasi fair trade, sebuah perusahaan atau organisasi biasanya harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh FLO Internasional. Kemudian, perusahaan biasanya mengajukan aplikasi untuk diinspeksi dan disertifikasi oleh FLO-CERT, sebuah organisasi independen yang didirikan pada tahun 2004. Untuk menunjukkan komitmen terhadap kebijakan fair trade, perusahaan biasanya harus membuktikan bahwa mereka membayar upah yang adil kepada para pekerja dan memberi kondisi kerja yang layak pada mereka. Selain itu, organisasi tersebut biasanya harus bekerja secara demokratis, memungkinkan perdagangan yang tak dibatasi antara produsen dan pembeli. Biasanya, metode produksi ramah lingkungan juga penting, karena juga termasuk upaya untuk mendukung pengembangan masyarakat.

Langkah pertama untuk mendapat Fair Trade Certified ™ adalah dengan mengajukan permohonan kepada FLO-CERT, setelah menentukan produk yang masuk dalam lingkup sistem sertifikasi. Kemudian FLO-CERT mengaudit organisasi tersebut untuk memastikan kepatuhan dengan standar fair trade. Selama audit tersebut, perwakilan FLO-CERT umumnya bertemu dengan perwakilan perusahaan dan melakukan pemeriksaan dokumen. Mereka juga mengamati kondisi kerja dan metode produksi. Selanjutnya, FLO-CERT mengevaluasi laporan auditor dan isu-isu penting tentang keputusan sertifikasi. Perusahaan yang disetujui dapat menggunakan label  Fair Trade Certified™.

FLO-CERT melakukan audit baik ke produsen maupun pedagang. Contoh beberapa barang umum bersertifikat fair trade mencakup kopi, teh, cokelat, vanili, buah segar, beras, gula, dan bunga. Siklus sertifikasi fair trade, untuk FLO-CERT, berlangsung satu tahun. Perusahaan tunduk pada inspeksi pembaharuan untuk memastikan kepatuhan terhadap standar fair trade. Perusahaan yang ingin memiliki Fair Trade Certified ™ dapat menghubungi FLO-CERT secara langsung, atau meminta informasi lebih lanjut dari badan pelabelan di negara mereka.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...