Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Cara Memproses Kopi Hijau



Kopi hijau diproses dengan cara di-roasting guna mengurangi keasamannya, dan juga untuk mengeluarkan rasa pahit yang khas. Proses roasting relatif sederhana dan dapat dicapai dengan menggunakan peralatan yang dirancang secara khusus. Produk akhir akan tergantung pada seberapa tepat langkah-langkah yang diikuti serta kualitas biji hijau.

Biji kopi harus di-roasting dengan panas tinggi. Sangat penting untuk membolak-balik biji secara terus-menerus. Jika mereka didiamkan dalam waktu yang lama, mereka akan hangus dan kopi tak dapat diminum.

Metode fluid air bed adalah metode paling sederhana untuk me-roasting kopi di rumah, tetapi membutuhkan mesin yang mahal. Temperatur mesin di-setting dan mesin akan terus berputar saat me-roasting biji kopi secara otomatis.

Bagi mereka yang lebih menyukai cara yang lebih murah, mesin popcorn untuk di atas kompor adalah alternatif yang baik. Dengan terus memutar engkol mesin, akan didapat kopi roasting yang lebih baik dibandingkan metode di atas kompor lainnya. Dengan metode ini, biji kopi hijau di-roasting dalam waktu sekitar 10 menit, sehingga pekerjaan ini tidak terlalu memberatkan.

Bagi mereka yang memiliki, oven konveksi adalah pilihan lain yang bisa dipakai. Biji harus di-roasting dalam oven konveksi sekitar 20 menit. Mereka harus ditempatkan dalam loyang berlubang, dan biji harus dibolak-balik beberapa kali selama proses tersebut.

Meskipun mungkin lebih mudah untuk membeli biji yang sudah di-roasting, produk seperti ini hanya dapat mempertahankan rasa optimal dalam waktu kurang dari seminggu. Biji kopi hijau mudah untuk ditransport dan dapat disimpan dalam waktu yang lama tanpa kehilangan kualitas. Untuk pecinta kopi sejati, me-roasting kopi di rumah akan menghasilkan bayaran sepadan dari usaha yang dilakukan, rasa luar biasa yang ditawarkan oleh biji roasting segar. Selain itu, gula alami dari biji kopi hijau yang terkalamelisasi selama proses roasting akan memberikan kontribusi rasa yang halus dan kaya.

Biji kopi hijau dapat disimpan hingga satu tahun dengan menggunakan salah satu dari dua cara berikut ini. Bagi mereka yang sudah memiliki peralatan segel vakum, biji kopi hijau yang telah dikemas dan disegel dapat disimpan pada suhu kamar selama satu tahun atau lebih. Atau, biji kopi hijau juga dapat disimpan dalam karung goni di lemari gelap selama sembilan bulan sampai satu tahun.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...