Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Cappuccino Maker : Mesin Pembuat Cappuccino



Cappuccino maker adalah mesin yang dirancang untuk membuat secangkir kopi cappuccino yang sempurna. Cappuccino adalah jenis hidangan kopi yang menggabungkan espresso shot dengan susu steam berbusa di atasnya. Taburan cokelat kadang-kadang ditambahkan ke bagian atas cappuccino untuk memberikan rasa manis. 

Cappuccino maker pertama muncul di Milan, Italia pada tahun 1901. Mesin ini sebenarnya merupakan alat untuk membuat bahan dasar bagi cappuccino yaitu espresso. Luigi Bezzera, pemilik pabrik manufaktur, mencari cara untuk mempersingkat istirahat minum kopi bagi tenaga-kerjanya. Dengan menambahkan tekanan pada proses pembuatan kopi, Bezzera mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuat minuman kopi.

Cappuccino maker lahir, dan Bezzera menyebutnya Fast Coffee Machine. Di Italia, espresso berarti fast (cepat), dan ini merupakan cara persis kopi tersebut dibuat. Kopi ditempatkan dalam cappuccino maker, dan air panas dialirkan melalui tekanan tinggi. Dengan memaksa air panas melalui kopi, semua rasa akan diekstrak dari biji. Setelah air dipaksa melewati kopi, ampas kopi yang digunakan harus dibuang.

Kopi espresso adalah secangkir kecil kopi yang sangat kuat. Sedangkan cappuccino adalah kopi espresso yang disajikan dalam cangkir besar dengan tambahan susu berbusa. Cappuccino tidak memiliki ‘tendangan’ yang sama seperti espresso, tetapi dibandingkan dengan kopi instan, cappuccino jelas lebih baik.

Sebuah cappuccino maker memiliki nozzle yang men-steam susu untuk cappuccino. Mesin ini juga membuat kopi dalam waktu singkat tanpa menghilangkan rasa kopi.

Luigi Bezzera menikmati kesuksesan cappuccino maker. Pada tahun 1905, ia menjual paten cappuccino maker. Beberapa modifikasi telah dibuat dari cappuccino maker asli. Pada tahun 1938, sebuah pompa piston ditambahkan yang memungkinkan penggunaan air panas dan bukan air mendidih. Merebus air cenderung membakar kopi dan mengganggu rasa minuman.

Pada tahun 1946, perusahaan terkenal di  dunia, Gaggia, mengembangkan mesin piston. Mesin ini dimungkinkan terbentuknya busa di atas cappuccino yang kini sangat terkenal. Cappuccino maker saat ini sepenuhnya menggunakn listrik dan tidak lagi membutuhkan piston yang dioperasikan dengan tangan. Air diambil langsung dari sumber air dan dilewatkan melalui boiler dan kemudian melewati bubuk kopi.

Di seluruh dunia, banyak orang meluangkan waktu di kedai kopi untuk menikmati cappuccino dengan santai, tetapi cappuccino juga merupakan cara yang instan untuk meningkatkan energi di sore hari di tempat kerja.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...