Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Berbagai Macam Varietas dan Asal Biji Kopi



Biji kopi adalah benih dari tanaman kopi, yang ditemukan di dalam buah kopi. Biji kopi kemudian diproses dan dijual untuk kemudian dapat diseduh menjadi minuman kopi.

Sebagian besar biji kopi berasal dari dua spesies kopi: Coffea arabica , dan Coffea robusta. Lebih dari tiga perempat dari yang dijual di dunia adalah Coffea arabica, sedangkan sebagian besar sisanya adalah robusta, yang juga dikenal sebagai Coffea canephora.

Spesies lainnya termasuk Coffea benghalensis atau kopi Bengal, Coffea congensis atau kopi Kongo, Coffea liberica atau kopi Liberia, Coffea stenophylla atau kopi Sierra Leonian, Coffea excelsia, jenis kopi Liberia lain, Coffea bonnieri, Coffea gallienii, dan Coffea mogeneti. Kebanyakan spesies ini sangat jarang atau tidak ada di pasar ekspor, dengan pengecualian dari dua kopi Liberia, yang dijual dalam jumlah terbatas di pasar gourmet.

Biji kopi jenis Arabika secara luas dianggap memiliki profil rasa terbaik, sedangkan Robusta terutama ditanam karena tahan banting dan memiliki kemampuan untuk berkembang di mana Arabika tidak bisa tumbuh. Meskipun begitu, dalam spesies Arabika ada banyak varietas yang berbeda, yang masing-masing menghasilkan biji dengan rasa dan karakteristik yang berbeda.

Kebanyakan varietas Arabika dinamai menurut negara atau wilayah di mana mereka banyak ditemukan, atau di mana mereka berasal. Beberapa negara, seperti Ethiopia, memiliki sejumlah varietas yang sangat berharga dan merujuk ke daerah yang lebih spesifik yang tumbuh di dalam negeri.

Amerika Selatan dan Tengah adalah produsen utama kopi, dan sejumlah varietas Arabika berasal dari negara-negara di wilayah ini. Kopi Kolombia mungkin yang paling terkenal, dan menyumbang lebih dari sepersepuluh dari seluruh pasokan kopi dunia. Kultivar utama termasuk Bourbon, Caturra, Maragogype, dan Typica. Dari Costa Rika datang Costa Rican Tarrazu, dinamai berdasarkan lembah San Marcos de Tarrazu. Guatemala menghasilkan Huehuetenango, dinamai merujuk pada kota di dataran tinggi pegunungan Cuchumatan. Brasil memberikan peminum kopi varietas Santos, dari bagian selatan-tengah negara.

Bahkan banyak varietas Arabika ditemukan di Afrika. Mungkin yang paling terkenal di antaranya adalah tiga varietas dari Ethiopia, tanah yang pertama kali mengakui nilai dari minuman kopi. Semua dari ketiga varietas, Harrar, Sidamo, dan Yirgacheffe, diberi nama berdasarkan daerah asal mereka, dan masing-masing memiliki karakteristik rasa yang sangat berbeda. Kenya juga terkenal karena kopinya, yang hanya disebut sebagai “Kenya”. Tanzania menghasilkan cukup banyak kopi, biasanya dijual sebagai Tanzania Peaberry, karena berfokus pada peaberrie. Uganda menghasilkan kopi Arabika, dari varietas Bugishu, meskipun sebagian besar kopi yang ditanam di Uganda adalah Robusta.

Di Indonesia, ada beberapa varietas Arabika yang dapat ditemukan. Java tak diragukan lagi merupakan yang paling terkenal, berasal dari nama pulau asalnya, dan sangat populer sehingga nama tersebut menjadi identik dengan kopi itu sendiri. Pulau Sumatera juga menyediakan dua varietas, yaitu Mandheling Sumatra dan Lintong Sumatra. Mandheling Sumatra sebenarnya tidak berasal dari wilayah Mandheling, tapi Lintong bersal dari kabupaten Kintong. Pulau Sulawesi juga menawarkan varietas biji kopi Arabika, yang dikenal sebagai Sulawesi Toraja Kalossi.

Selain itu, varietas Arabika ditemukan di pulau Hawaii. Kopi ini disebut Hawaiian Kona, dan tumbuh di lereng Gunung Hualalai. Di pulau Jamaika ditanam Jamaican Blue Mountain, yang tumbuh terutama di daerah Blue Mountain.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...