Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Berbagai Macam Metode dan Tingkat Penyangraian Kopi



Kopi sangrai adalah keadaan biji kopi yang siap digunakan untuk membuat minuman yang populer disebut sebagai “kopi”. Setelah biji disangrai (di-roasting), mereka digiling dan kemudian air panas dituangkan ke atas mereka untuk mengekstrak rasa dari biji kopi tersebut. Ada tingkat penyangraian berbeda yang digunakan untuk berbagai coffee maker dan berbagai metode penyeduhan minuman kopi populer yang menghasilkan kekuatan kopi yang berbeda pula.

Biji kopi mentah memiliki semua komponen yang sama seperti kopi sangrai tetapi bentuk ini hanya memberikan sedikit rasa. Biji kopi mengandung kafein, protein, asam, gula, lemak dan pati. Menyangrai akan tetap mempertahankan sifat-sifat ini, tetapi terjadi perubahan kimia yang menambah kepadatan, aroma, rasa dan warna yang berbeda pada biji kopi. Panas dari proses penyangraian juga menyebabkan biji mengeluarkan minyak yang mengintensifkan aroma dan rasa biji kopi.

Karena kopi mentah jauh lebih mudah rusak dibandingkan kopi sangrai, biji kopi biasanya disangrai di fasilitas lokal segera setelah mereka dipetik. Meskipun hal yang umum bagi pecinta kopi untuk menggiling biji mereka sendiri , mereka jarang menyangrai biji kopi sendiri karena alasan kemudahan. Beberapa merek drum roaster yang terkomputerisasi tersedia untuk digunakan di rumah, tapi banyak pecinta kopi sejati masih menggunakan metode yang lebih kuno, seperti memanggang di pan besi cor dalam oven atau drum besi diputar di atas api atau bara. Bila disimpan dengan benar dalam ruang gelap dan dingin, biji kopi sangrai bisa tetap segar sampai satu bulan.

Lama penyangraian biji kopi akan mempengaruhi rasa mereka secara dramatis. Semakin pendek penyangraian , rasa akan semakin tajam. Biji yang disangrai dalam waktu singkat juga akan berwarna lebih cerah dibandingkan yang disangrai dalam waktu lama. Jika biji disanggrai hingga warna coklat pekat, rasa akan lebih kaya dan lebih lengkap, jika mereka disangrai hingga hampir terbakar, mereka akan mengeluarkan rasa hangus yang khas. Berlawanan dengan keyakinan populer, biji kopi yang disangrai gelap akan - memiliki penampilan berminyak- memiliki lebih sedikit kafein dibandingkan biji yang disangrai ringan, meskipun mereka kaya rasa.

Kelas biji kopi sangrai didasarkan pada lama penyangraian. Dari pemanggangan singkat ke pemanggangan yang lama, tingkat kopi sangrai meliputi: cinnamon, american-light, city-medium, full city, french-espresso, italian-dark, french and spanish. Selain waktu penyangraian, asal biji kopi memiliki efek yang signifikan pada rasa mereka. Wilayah tanam yang berbeda memiliki tanah dan iklim yang berbeda , yang keduanya secara signifikan berkontribusi pada rasa biji kopi.

Cinnamon roast memiliki rasa ringan, rasa gandum panggang. Full-city lebih gelap dan memiliki karakter cokelat atau karamel, sementara french-espresso bahkan lebih gelap dan bijinya berminyak. Biji yang disangrai paling gelap dan berminyak adalah italian-dark, dan french and spanish, yang memiliki rasa gosong pada minuman kopi.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...