Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Kopi Yunani Itu?



Kopi Yunani adalah kopi yang kuat dan kaya rasa, dibuat dari biji kopi roasting yang digiling halus. Perbedaan utama antara kopi ini dan jenis kopi lainnya adalah ampas yang dihasilkan. Ampas kopi Yunani secara tradisional tertinggal dalam cangkir demitasse yang digunakan sebagian orang untuk menyajikannya. Busa tebal naik ke atas cangkir sementara ampas kopi mengendap di bawah.

Kebanyakan orang menggunakan briki untuk menyeduh kopi Yunani dan cangkir demitasse untuk menghidangkannya. Briki lebar di dasar dan sempit di bagian atas. Alat ini biasanya membantu memastikan busa dalam jumlah yang tepat untuk terakumulasi pada kopi. Beberapa orang menggunakan teko kopi tembaga sebagai pengganti pot briki. Cangkir demitasse terkadang disebut sebagai cangkir espresso atau cangkir moka.

Ada metode populer untuk menyeduh kopi Yunani. Seperti biasa, langkah pertama adalah mengukur jumlah air yang dibutuhkan dengan mengisi cangkir demitasse untuk setiap orang. Setelah air diukur dan kemudian dituang, briki atau teko kopi tembaga dipaparkan pada panas rendah. Satu sendok kopi bubuk ditambahkan ke dalam air untuk setiap porsi, dan diaduk sampai kopi tercampur sepenuhnya. Busa biasanya akan mulai keluar seiring meningkatnya panas, dan briki diangkat dari sumber panas sebelum meluap.

Orang-orang yang menikmati kopi Yunani umumnya lebih memilih satu dari beberapa cara penyajian yang bisa digunakan. Beberapa orang lebih suka dengan gula sementara yang lain menyukai kopi Turki tanpa gula. Varis glydis adalah istilah yang sering digunakan ketika seseorang meminta kopi Yunani yang kuat dan manis. Ketika seseorang lebih suka tanpa gula, mereka biasa menggunakan istilah sketos. Metrios adalah kata yang digunakan untuk meminta kopi manis dan mendidih.

Bila bepergian ke Yunani, kopi ini dapat diminta dengan cara memesan ena elliniko. Kopi Turki umumnya sama seperti kopi Yunani. Selain nama, mungkin tidak ada perbedaan nyata antara keduanya. Kopi Yunani biasanya tidak disajikan dengan susu. Jika susu ditambahkan, kopi tersebut sering tidak lagi dianggap sebagai kopi Yunani.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...