Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Kopi Turki Itu?



Kopi Turki adalah metode khusus dalam penyiapan minuman kopi. Minuman ini rasanya kuat dan biasanya manis. Kopi Turki biasa dinikmati di Yunani, Armenia, negara-negara Arab, serta di Turki itu sendiri. Penyiapannya berbeda dari metode lain karena ampasnya tidak disaring.

Alat untuk menyiapkan kopi Turki sangat otentik dan unik, berupa logam kecil dengan gagang panjang. Alat ini disebut dengan berbagai cara, cezve atau ibrik (Turki), mpriki (Yunani), rakwa (Arab), dan finjan (Persia). Teknik untuk menyiapkan kopi Turki merupakan satu hal yang membedakannya. Jenis kopi, ukuran penggilingan, suhu air, dan peralatan merupakan elemen penting.

  • Kopi harus digiling menjadi bubuk. Ukuran penggilingan kopi Turki lebih halus daripada espresso. Beberapa teknik penggiling kopi menggunakan gerinda sehingga dapat disesuaikan untuk mencapai ukuran yang diinginkan.

  • Kopi dan air dalam jumlah tepat ditempatkan di alat penyeduh dan dipanaskan di atas api sedang. Gula, jika digunakan, ditambahkan segera sesaat sebelum kopi mendidih. Kopi Turki tanpa gula disebut sade.

  • Sementara itu, hangatkan cangkir, atau fincan - salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan mencuci cangkir menggunakan mesin cuci piring sesaat sebelum disajikan.

  • Kopi Turki tidak boleh mendidih, tapi dipanaskan hingga ke titik terbentuknya buih atau busa. Buih kemudian dituangkan ke dalam cangkir hangat. Proses ini diulang sekali atau dua kali, tergantung pada resep yang Anda ikuti. Terkhir, semua kopi yang tersisa di alat penyeduh tersebut dituangkan ke dalam cangkir.

  • Tunggu beberapa menit hingga ampas mengendap sebelum menyajikan kopi segar. Penting untuk diingar agar si penikmat tidak mengguncang kopi dalam cangkir. Karena kopi bercampur ampas tidak enak untuk diminum.

Beberapa orang menganggap tambahan variasi pada kopi Turki merupakan hal yang buruk. Sebagian lainnya menganggap tepat bila rempat-rempah ditambahkan ke dalam kopi Turki - misalnya, kapulaga atau kayu manis.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...