Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Kopi Tanpa Kafein (Kopi Decaf) Itu?



Kopi tanpa kafein (kopi decaf) mengacu pada setiap kopi dalam bentuk biji, bubuk atau dalam bentuk siap saji yang sebagian besar kandungan  kafein telah dibuang melalui berbagai proses dekafeinasi. Proses ini tidak membuat kopi tanpa kafein bebas kafein, tetapi mereka secara signifikan mengurangi jumlah kafein dalam secangkir kopi. Beberapa orang memilih kopi tanpa kafein untuk menghindari kafein sesuai dengan rekomendasi diet, untuk menurunkan respon gelisah, atau hanya berdasar preferensi pribadi.

Kopi tanpa kafein pertama dibuat pada awal abad ke-20. Metode awal dekafeinasi yaitu perendaman biji kopi hijau dalam larutan benzena, yang membantu menghilangkan kafein. Proses ini merupakan salah satu teknik yang paling populer selama bertahun-tahun, dan di Amerika Serikat, orang mungkin ingat akan merek Sanka® yang dibuat dengan cara ini. Bahan kimia yang digunakan tidak benar-benar sehat, dan akhirnya proses lainnya menggantukan metode rendaman benzena.

Metode-metode alternatif ini termasuk menggunakan bahan kimia lain untuk mengolah biji dan menghilangkan kafein. Yang lainnya yaitu dengan berulang kali merendam biji kopi di dalam air, yang disebut Swiss Water Method, menjadi cara yang sangat populer untuk membuat kopi tanpa kafein. Metode ini sebenarnya hampir sama tuanya dengan menggunakan larutan benzena, dan dikembangkan di sepertiga awal abad ke-20. Saat ini, banyak orang lebih memilih metode dekafeinasi menggunakan air karena mereka tidak menambahkan bahan kimia dan dianggap murni.

Untuk kopi decaf, mungkin akan sulit untuk mendapatkan secangkir kopi yang sempurna kelezatannya. Namun kopi ini merupakan produk yang masih dalam pengembangan. Ada beberapa penemuan di bidang ini yang terus meningkatkan kualitas produk kopi decaf.

Sementara kita terus menunggu perkembangan ini, beberapa hal lain harus diperhatikan tentang kopi tanpa kafein. Yang paling penting untuk diperhatikan adalah bahwa kopi tanpa kafein bukan berarti tidak mengandung kafein sama sekali. Tergantung pada tingkat kafein, sekitar lima sampai sepuluh cangkir kopi tanpa kafein kira-kira setara dengan secangkir rata-rata kopi berkafein. Seseorang yang benar-benar perlu agar tidak mengkonsumsi kafein sepenuhnya, terutama untuk alasan medis, seharusnya tidak melihat kopi tanpa kafein sebagai pengganti yang layak kecuali disetujui oleh dokter.

Di sisi lain, mereka yang hanya perlu mengurangi kafein dapat mengkonsumsi kopi tanpa kafein, terutama kopi yang berkualitas prima. Ada upaya untuk terus memperbaiki proses dekafeinasi, dan banyak perusahaan kopi gourmet yang begitu perhatian terhadap keinginan masyarakat agar menghindari bahan kimia tambahan. Mereka terus berupaya menghilangkan kafein dari biji melalui metode yang menggunakan air, atau dengan aplikasi kimia yang secara alami berasal dari bahan makanan sehari-hari yang aman.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...