Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Kopi Spesial Itu?



Kopi spesial dapat didefinisikan sebagai biji kopi yang telah lulus tes gradasi tertentu dan bisa diseduh tanpa kesalahan. Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1978, oleh Erna Knutsen, seorang pendiri Specialty Coffee Association of America, dan sering digunakan untuk kopi dengan cita rasa atau tempat tumbuh yang khas. Untuk dapat didefinisikan sebagai produk khusus, biji kopi sering melewati beberapa tahap proses dalam perjalanan ke cangkir kopi.

Tahap pertama adalah menentukan bibit kopi potensial. Agar bisa mendapat disebut spesial, bibit kopi bahkan sudah merupakan pilihan sebelum ditanam. Biji kopi jenis tertentu tumbuh sempurna dalam iklim mikro atau tanah khusus, dan tumbuh buruk dalam kondisi yang lain. Kopi juga memiliki garis keturunan atau peranakan yang membantu petani untuk memilih biji yang terbaik untuk daerah tertentu.

Biji kopi sebenarnya merupakan benih di dalam buah kopi. Buah kecil ini jarang dimakan karena mereka sepat dan pahit, tapi dihargai tinggi untuk benihnya. Buah kopi harus dipetik ketika matang sempurna, untuk menjaga kualitas agar bisa disebut sebagai kopi spesial. Jika buah dipetik terlalu dini atau terlalu tua, biji kopi mungkin tidak mencapai potensi yang diharapkan dan kehilangan gradasi kopi.

Mengolah biji setelah buah dipetik dari tanaman merupakan faktor kunci bagi kopi spesial. Waktu antara panen dan pengiriman ke pabrik tempat biji akan digiling harus sesingkat mungkin. Semakin lama periode interim, semakin kecil kemungkinan potensi biji kopi bisa dianggap sebagai kopi spesial.

Kualitas akhir kopi sangat tergantung pada pengolahan biji. Kulit dan daging buah perlu dibuang tanpa merusak biji kopi di dalamnya. Kemudian biji kopi harus dikeringkan sebelum di-roasting. Proses pengeringan harus bisa mengeringkan biji secara merata dan benar untuk menjaga kualitas.

Biji kopi hijau biasanya akan diberi label varietas, kondisi tanah selama pertumbuhan, dan iklim mikro sebelum diproses dengan jenis roasting yang tepat. Setiap jenis biji dapat di-roasting dalam metode yang berbeda, tergantung pada faktor-faktor di atas. Setelah roasting selesai, kopi sering kali akan menjalani satu tes terakhir, pencicipan (cupping).

Menyeduh kopi spesial adalah ujian sesungguhnya dari seluruh proses. Bila diseduh dengan benar, kopi spesial akan memiliki rasa yang unik, tidak seperti yang dihasilkan dari biji kopi standar. Ketidaksempurnaan dalam rasa dapat menyebabkan biji akan dihapus dari kategori kopi spesial.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...