Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Kopi Organik Itu?



Kopi organik adalah biji kopi yang dipanen dari tanaman kopi yang tumbuh secara organik. Produk ini menjadi lebih populer di kalangan orang-orang yang memilih untuk mengkonsumsi produk yang ditanam dalam mode organik. Peraturan untuk penanaman organik berbeda dari satu tempat ke tempat lain, sehingga sangat penting bagi seseorang yang tertarik pada produk kopi organik untuk mempelajari peraturan di daerah tempat kopi tersebut tumbuh.

Untuk mendapatkan biji kopi, petani memanen buah kopi setelah mereka telah berubah warna menjadi merah cerah. Buah dikeringkan dengan menggunakan metode kering atau basah, dan kemudian dikuliti, menghasilkan apa yang dikenal sebagai biji kopi hijau. Biji kopi hijau karungan kemudian dikapalkan ke seluruh dunia. Apabila dihasilkan dengan cara organik kopi ini disebut sebagai kopi hijau organik.

Proses penanaman merupakan hal yang memberi status organik pada kopi organik. Kopi pada dasarnya tumbuh di daerah teduh, yang berarti bahwa pohon-pohon tidak perlu ditebang untuk membuat lahan pertanian guna menanam tanaman kopi. Selain manfaat lingkungan, tanaman kopi yang tumbuh di bawah naungan dan di tanah yang kaya nutrisi sering kali menghasilkan apa yang banyak orang percaya sebagai jenis kopi unggul dibandingkan dengan kopi yang tumbuh langsung menghadap matahari.

Naungan bukanlah satu-satunya komponen kopi organik. Tanaman kopi organik harus ditanam tanpa menggunakan pupuk kimia dan pestisida, dan mereka diproses tanpa menggunakan bahan kimia. Banyak orang percaya bahwa metode ini menghasilkan biji kopi yang murni, alami dan bebas kimia. Mereka juga percaya bahwa metode ini menghasilkan kopi yang tidak pahit seperti kopi non-organik.

Setelah konsumen membeli kopi hijau organik, ia harus menyangrai (roasting) dan menggiling biji kopi untuk menyeduh secangkir kopi. Menyangrai merupakan proses memanaskan biji kopi sampai suhu tertentu untuk menghilangkan air dan meng-karamelisasi gula dalam biji kopi, proses ini akan menyebabkan biji semakin gelap dan menjadi lebih besar. Gerakan konstan mencegah biji menjadi gosong. Setelah proses penyangraian selesai, kacang harus didinginkan dengan cepat. Sekitar 24 jam setelah kacang telah disangrai, mereka siap untuk digiling dan digunakan untuk membuat secangkir kopi organik.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...