Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Kopi Luwak Itu?



Kopi luwak adalah salah satu dari beragam jenis kopi spesial. Kopi luwak dibuat dari biji kopi yang telah dimakan dan kemudian dikeluarkan oleh binatang luwak. Biji kopi yang mengalami proses dalam saluran pencernaan luwak menghasilkan output kopi yang sangat khas. Mereka hanya dapat ditemukan di daerah Indonesia dan Filipina, wilayah dimana banyak terdapat perkebunan kopi dan binatang luwak yang hidup secara bebas. Dianggap sebagai kopi termahal di dunia, kopi luwak terkenal akan citarasanya yang halus, terasa seperti cokelat dan agak pahit.

Luwak kadang-kadang disebut sebagai kucing luwak. Namun binatang ini bukanlah kucing, tapi karnivora nokturnal asli Asia. Mamalia ini memakan serangga, hewan kecil, dan buah. Seperti banyak hewan pemakan buah, ia lebih suka buah yang telah matang. Hal ini menyebabkan luwak umumnya makan buah kopi yang sudah matang dan siap dipanen.

Setelah luwak memakan buah kopi, buah melewati saluran pencernaan hewan ini. Enzim pencernaan mengikis lapisan luar buah, meng-ekspose lapisan endocarp biji kopi yang keras. Proses pencernaan juga memfermentasi sebagian biji kopi. Akhirnya, biji kopi luwak diekskresikan dalam kotoran luwak, yang kemudian mereka dikumpulkan oleh pemanen lokal. Para pemanen memisahkan biji kopi dari kotoran, membersihkannya, dan membuang kulit terluar sebelum me-roasting mereka.

Biji kopi konvensional memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibanding biji kopi luwak. Protein adalah salah satu faktor yang mempengaruhi rasa pahit pada kopi. Kopi yang diseduh dari biji kopi luwak juga memiliki tingkat keasaman lebih rendah dibandingkan biji kopi konvensional. Semakin rendah kadar protein, semakin kurang keasaman, dan fermentasi biji kopi menghasilkan rasa yang khas, rasa halus kopi luwak. Rasa yang khas ini, bersama dengan proses cara memperoleh biji kopi yang eksotik membuat kopi ini sangat mahal.

Biji kopi yang harus melakukan perjalanan melalui sistem pencernaan luwak bisa diartikan sangat tidak mungkin kopi luwak bisa diproduksi dalam skala besar secara komersial. Penelitian telah dilakukan untuk mencoba mereproduksi kopi ini menggunakan cara buatan dan dengan memperlukan kopi dengan enzim pencernaan luwak. Percobaan sejauh ini belum bisa diandalkan untuk menduplikasi rasa yang unik dari kopi luwak. Kopi luwak tersedia secara lokal di daerah dimana kopi ini dipanen dan di beberapa toko khusus kopi luwak.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...