Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Kopi Lebanon Itu?



Kopi Lebanon bukanlah jenis biji kopi tertentu, tapi metode menyeduh kopi yang terkait erat dengan kopi Turki. Kopi ini dibuat menggunakan biji roasting gelap yang digiling menjadi bubuk yang sangat halus bersama dengan biji kapulaga/kapulaga bubuk dan kadang-kadang gula. Metode penyeduhan dilakukan dengan cara merebus air panas hingga mendidih beberapa kali, dengan bubuk kopi dalam panci, memberikan rasa yang lebih kuat setiap kali air dipanaskan. Gula dan kapulaga ditambahkan selama proses memasak sehingga mereka sepenuhnya menyatu ke dalam air kopi. Kopi yang dihasilkan sangat gelap, tebal dan pahit, dan disajikan dalam cangkir demitasse kecil.

Salah satu aspek yang paling penting dari membuat kopi Lebanon adalah cara menggiling biji kopi. Mereka dapat benar-benar ditumbuk menggunakan alu dan lesung atau menggunakan gerinda, kedua metode ini menghasilkan bubuk kopi yang sangat halus. Sebagian dari bubuk ini larut dalam air dan menciptakan permukaan yang lebih luas sehingga rasa dari biji kopi dapat diekstraks dengan lebih mudah.

Jenis pot tempat menyeduh kopi Lebanon dikenal sebagai ibrik, dan alat ini pada dasarnya adalah panci logam kecil yang memiliki gagang yang sangat panjang. Ibrik diisi air dan dipanaskan sampai air mendidih. Pada titik ini, jika diinginkan, gula akan ditambahkan ke panci dan direbus sesaat sehingga mulai membentuk sirup. Setelah air mendidih, ibrik diangkat dari panas dan kopi ditambahkan bersama dengan kapulaga, baik dalam bentuk biji atau sebagai bubuk.

Panci ibrik, yang sekarang berisi semua bahan untuk membuat kopi, ditempatkan kembali ke atas api dan dididihkan lagi untuk kedua kalinya, setelah itu diangkat dari api dan dibiarkan dingin sejenak. Proses ini diulang tiga kali untuk mengekstrak rasa dari bubuk kopi. Salah satu tantangan saat menyeduh kopi Lebanon adalah mendidihkan air tanpa membakar kopi atau mengatasi kemunginan air yang meluap.

Begitu kopi Lebanon selesai, minuman ini dituangkan ke dalam cangkir kecil dan disajikan. Kopi biasanya dikonsumsi ketika masih sangat panas. Rumah tangga Lebanon lazim menawarkan kopi Lebanon pada tamu yang datang, bahkan jika mereka hanya mampir selama beberapa menit.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...