Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Kopi French Roast Itu?



Kopi french roast adalah jenis kopi yang ditandai dengan biji yang di-roasting hampir ke titik pembakaran. Minuman yang dihasilkan akan selalu berwarna sangat gelap, dan memiliki rasa karamel yang khas. Di banyak tempat, Kopi french roast merupakan jenis roasting paling gelap yang tersedia. Membiarkan biji kopi french roast terpapar api selama sekitar satu menit lagi akan menghasilkan italian - spanish roast, yang keduanya tepat di ambang pembakaran. Pecinta kopi yang menikmati secangkir kopi hitam sering memilih french roast karena mudah diperoleh, dan juga karena seringkali lebih enak dibandingkan italian - spanish roast.

Meskipun namanya seperti ini, kebanyakan french roast tidak benar-benar berasal dari Perancis. Kedai kopi mungkin awalnya mengadopsi  kata french sebagai sarana untuk menambah unsur berkelas atau mewah pada minuman mereka. Namun dewasa ini, istilah ini tidak lebih dari untuk menunjukkan gaya roasting yang sangat gelap.

Profil Rasa
French roast dikategorikan sebagai kopi dengan rasa tebal. Meskipun istilah ini bisa agak subjektif, dalam dunia kopi biasanya hal ini menunjukkan bahwa minuman tersebut  ‘mengigit’.

Rasa yang hadir pada french roast biasanya lebih berkaitan dengan proses roasting daripada kualitas biji tersebut sebenarnya. Pada saat biji cukup gelap untuk memenuhi syarat sebagai french roast, sebagian besar rasa asli mereka telah hilang. Sebagai gantinya muncul rasa gula karamel, kopi pahit, dan sering bernuansa asap.

Skala Roasting kopi French Roast
Ada beberapa tahapan me-roasting kopi , dan gaya french roast berada pada ujung spektrum.

Biji kopi mentah berwarna hijau dan masih bulat utuh tapi tidak dapat digunakan sebelum di-roasting, biji kopi ini kemudian dihamparkan dan disusun pada pan di atas api yang sangat panas.

Agar biji kopi menghasilkan minuman kopi yang baik, mereka harus "retak" sekali, dan kadang-kadang dua kali. Kita bisa mengidentifikasi jenis roasting dengan melihat kondisi retak kopi saat kopi diangkat dari panas. Roasting ringan dan menengah, city, full city, and vienn, diangkat setelah terjadi retakan pertama tapi sebelum yang kedua. Di sisi lain, french roast tidak diangkat sampai setelah retakan kedua - sering hanya beberapa menit sebelum terbakar. Tidak ada "retakan ketiga" pada kopi roasting.

Karenanya, biji french roast seringkali sangat gelap, sering terlihat hitam. Banyak roaster ragu-ragu untuk menggunakan biji kualitas terbaik untuk proses ini, karena hanya sedikit rasa biji asli yang timbul melalui proses roasting intensif. Karenanya, tidak jarang pelanggan menemukan banyak biji french roast sebenarnya terbuat dari biji dengan kualitas agak rendah - dan benar-benar dapat berasal dari campuran beberapa varietas biji kopi.

Kandungan Kafein
Banyak konsumen percaya –yang sebenarnya keliru- bahwa kopi yang lebih gelap memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi. Tidak diragukan lagi, rasa kopi roasting gelap akan lebih kuat, tetapi dalam hal kandungan kafein, kopi roasting ringan dan menengah biasanya lebih tinggi kandungan kafein. Ini terjadi karena kafein mengkristal dalam biji. Sedangkan roasting moderat akan mengeluarkan senyawa ini, tapi seiring bertambahnya panas, perlahan-lahan menghilang. Kopi french roast akan selalu mengandung kafein, tapi lebih rendah dibandingkan yang di-roasting dalam skala ringan.

Pilihan Metode Penyeduhan
Ada banyak cara untuk menyeduh dan menyiapkan kopi french roast. Salah satu metode yang paling tradisional adalah yang dikenal sebagai coffee drip, yaitu air panas secara perlahan ditekan melalui bubuk kopi. Espresso adalah pilihan lain, meskipun hal ini biasanya membutuhkan mesin espresso tertentu yang akan memaksa air melewati bubuk kopi membuat apa yang dikenal sebagai espresso shot. French roast juga sangat cocok dengan french press –bubuk kopi direndam dalam air panas, kemudian ditekan dengan sebuah plunger (pendorong)  berfilter.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...