Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Kopi Bersifat Diuretik?



Diuretik adalah obat atau senyawa yang menaikkan tingkat buang air kecil, ini merupakan efek yang dapat dialami ketika minum secangkir atau dua cangkir kopi pertama kali. Bila Anda mengkonsumsi sejumlah kopi dan setelahnya harus menggunakan toilet, inilah yang disebut sebagai sifat diuretik kopi.

Secara khusus, yang membuat kopi bersifat diuretic adalah kafein dalam kopi. Kopi nerupakan bahan diuretik alami, bersama dengan beberapa jenis teh dan makanan lainnya. Seberapa banyak efek diuretik yang terjadi pada Anda akan tergantung pada variabel tertentu seperti toleransi individu, berat badan, dan usia. Variabel lain yang mempengaruhi kekuatan sifat diuretik kopi adalah seberapa banyak kafein yang dikandung dalam kopi dan berapa banyak kopi yang Anda minum. Jika Anda tidak biasa minum kopi dan kemudian Anda meminum beberapa cangkir kopi kental berkafein di pagi hari, maka Anda mungkin akan menggunakan toilet sedikit lebih sering, dan dengan urgensi yang lebih besar dari yang biasa Anda lakukan.

Yang mendasari pertanyaan tentang sifat diuretik kopi adalah kekhawatiran bahwa kopi mungkin dapat membahayakan, karena benar-benar dapat menyebabkan kencing terlalu sering akibat terlalu banyak minum kopi dan, dengan demikian, terjadi dehidrasi. Penelitian menunjukkan bahwa kopi dalam jumlah kecil tidak berbahaya dan keprihatinan atas dehidrasi tidak berdasar.

Kafein adalah stimulan yang meningkatkan dan mempercepat kebutuhan untuk menggunakan toilet, tetapi tidak benar-benar menyebabkan Anda membuang lebih banyak air dari sistem tubuh Anda dibandingkan yang biasa Anda lakukan. Secangkir kopi mengandung banyak air, sehingga efek diuretik dapat diimbangi dengan air yang dikonsumsi saat minum kopi.

Kafein yang ditemukan dalam setiap cangkir kopi membuat kopi memiliki sifat diuretik. Jika Anda tidak biasa meminum kopi atau tidak mengkonsumsi minuman berkafein lainnya, maka satu atau dua cangkir kopi mengakibatkan efek diuretik yang nyata pada sistem tubuh Anda. Anda akan merasakan tekanan untuk buang air kecil lebih kuat dan Anda bahkan mungkin merasa seolah-olah Anda sedang buang air kecil dalam volume yang lebih besar daripada biasanya. Namun, orang yang sudah terbiasa minum kopi cenderung tidak melihat efek diuretik minuman ini. Efek diuretik kopi menjadi tidak signifikan sebagai akibat dari toleransi kafein pada peminum kopi reguler.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...