Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Kopi Arabika Tidak Bagus Untuk Kesehatan?



Perdebatan mengenai kopi dan kesehatan mungkinan akan berlanjut untuk waktu yang lama. Awalnya, penelitian mengatakan kopi tidak memiliki manfaat besar bagi kesehatan manusia, tetapi penelitian yang lebih luas telah menantang gagasan ini. Baik Coffea arabica dan Coffea robusta dipandang mengandung senyawa yang benar-benar dapat membuat peminum kopi menjadi lebih sehat. Meskipun ada kekhawatiran tentang senyawa dalam biji kopi arabika, akan menjadi perdebatan bila mengatakan mereka tidak sehat.

Studi awal tentag kopi yang menyimpulkan bahwa kopi buruk bagi peminumnya sering tidak menyertakan faktor-faktor lain. Banyak orang yang meminum kopi secara rutin juga merokok dan minum minuman beralkohol, dan kegiatan ini jelas terkait dengan masalah kesehatan. Pengamatan lebih dekat mengungkapkan bahwa banyak masalah yang terkait dengan konsumsi kopi sebenarnya karena pengaruh faktor lainnya.

Senyawa yang menjadi kekhawatiran dalam biji kopi arabika adalah kahweol dan cafestol. Keduanya adalah senyawa diterpene, dan keduanya dikaitkan dengan masalah kesehatan. Kahweol mengangkat enzim hati. Cafestol menyebabkan peningkatan kolesterol jahat, dan ditemukan di biji kopi Arabika dan Robusta, meskipun kopi arabika mengandung substansi ini dalam konsentrasi yang lebih tinggi. Tetapi, menyeduh kopi menggunakan filter akan menghilangkan sebagian besar senyawa ini, menghasilkan kopi yang sangat aman untuk diminum.

Bahkan, biji kopi arabika bisa memberikan efek positif bagi banyak orang. Peminum kopi di Belanda dan Jepang diketahui menjadi lebih kebal terhadap beberapa jenis kanker. Tingginya tingkat antioksidan dalam kopi diyakini bertanggung jawab untuk hal ini. Antioksidan juga dapat membantu mencegah aritmia jantung, mengurangi gigi berlubang, dan membunuh bakteri. Studi lebih lanjut diperlukan, tetapi tampak jelas bahwa manfaat kopi lebih besar daripada kerugian potensial, terutama ketika diterpene telah dibuang melalui penyaringan. Banyak temuan ini berlaku baik untuk biji kopi Arabika dan Robusta.

Kopi, bagaimanapun, dapat memicu migrain, berkontribusi terhadap radang perut, dan meningkatkan tekanan darah. Dalam beberapa kasus, seorang profesional medis mungkin akan merekomendasikan pada pasien untuk mengurangi atau berhenti mengkonsumsi kopi, atau beralih ke versi kopi tanpa kafein (decaf). Seseorang harus selalu mengikuti saran yang diberikan oleh profesional kesehatan, karena mereka lebih mengerti mengenai kondisi-kondisi yang khas pada tiap-tiap pasien.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...