Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Fair Trade Itu?



Fair trade adalah model transaksi yang bertujuan memberikan upah yang sesuai untuk produksi barang-barang yang berasal dari negara-negara berkembang dan kemudian mendistribusikan barang-barang tersebut. Teori distribusi ini berasal dari tahun 1940-an dan telah berkembang menjadi alternatif untuk barang yang diproduksi oleh sweatshop (pabrik dengan upah buruh murah). Ada beberapa organisasi yang bekerja untuk menyokong fair trade, sebagian besar mengikuti prinsip-prinsip dan monitoring tersendiri. Industri yang memanfaatkan sistem fair trade berkisar dari kopi dan pakaian, mainan dan banyak lagi.

Basis dari organisasi fair trade dimulai pada tahun 1946, ketika Edna Ruth Byler mulai membeli kain dan tekstil dari Puerto Rico, yang kemudian menjualnya di Amerika Serikat, dan mengembalikan uang yang dihasilkan ke daerah-daerah miskin tempat barang-barang tersebut berasal. Selama bertahun-tahun banyak kelompok mulai beroperasi dengan prinsip-prinsip yang sama, yang memiliki tujuan tidak mengambil keuntungan dari wilayah miskin di seluruh dunia dengan jalan hanya membayar sebagian kecil dari apa yang semestinya dibayar. Model perusahaan fair trade mulai mendapatkan perhatian yang lebih besar pada tahun 1990-an ketika kopi fair trade menjadi barang populer.

Tidak ada organisasi fair trade tunggal yang mengawasi produksi berbagai barang, melainkan ada serangkaian federasi dan koperasi dengan prinsip yang sama dan memiliki tujuan untuk memberikan penghasilan kepada mereka yang berhak menerimanya. Tidak ada aturan konkret tentang apa yang merupakan fair trade dari satu perusahaan ke yang lainnya, tetapi kebanyakan mereka mengikuti prinsip-prinsip serupa yang membedakan mereka dari model bisnis tradisional. Beberapa prinsip-prinsip tersebut antara lain: menciptakan kesempatan bagi negara-negara berkembang dengan membeli barang dengan harga yang wajar, memiliki hubungan yang transparan antara produsen dan pembeli untuk mengetahui aliran biaya dan pengeluaran, meningkatkan kondisi kerja yang kondusif untuk kesehatan dan produktivitas yang baik, dan menghindari tenaga kerja anak.

Dalam rangka menjamin konsumen bahwa sebuah perusahaan fair trade telah mengikuti prinsip-prinsip di atas, ada sertifikasi pada semua barang yang memenuhi persyaratan ini. Produsen fair trade biasanya diperiksa oleh suatu organisasi dan jika kondisi memenuhi persyaratan, persetujuan sertifikasi diberikan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan keyakinan pada konsumen bahwa barang yang dibeli diproduksi di kondisi yang mereka klaim.

Sebuah perusahaan fair trade dapat menghasilkan berbagai jenis barang. Teh dan kopi hasil fair trade dapat ditemukan di banyak toko kopi dan restoran di seluruh dunia. Fair trade benda seni, fair trade kerajinan, dan fair trade pakaian juga ditemukan di berbagai toko. Salah satu metode yang populer untuk membeli barang fair trade adalah membelinya di toko fair trade, sebuah toko yang hanya menjual barang yang diproduksi di kondisi fair trade.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...