Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Espresso Arabika Itu?



Espresso arabika adalah jenis minuman kopi. Arabika mengacu pada jenis tanaman kopi, sedangkan espresso mengacu pada metode menggiling biji kopi dan penyiapan minuman. Kopi arabika berasal dari Yaman, dan merupakan jenis kopi yang paling banyak ditanam secara komersial. Ketika biji telah digiling dengan sangat halus, mereka dapat digunakan untuk espresso arabika, yaitu minuman kopi sangat terkonsentrasi yang disiapkan dengan jalan memaksa air panas melewati bubuk kopi arabika dengan menggunakan tekanan tinggi.

Kopi arabika telah tumbuh selama lebih dari 1.000 tahun, dan diyakini menjadi salah satu jenis kopi tertua yang dibudidayakan. Kopi ini mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan spesies yang dibudidayakan lainnya. Arab adalah lokasi pertama yang menyiapkan kopi dari biji sangrai, dan praktek ini menjadi mapan pada abad ke lima-belas.

Tanaman kopi arabika membutuhkan waktu sekitar tujuh tahun untuk matang. Tanaman ini lebih suka bayangan dan tumbuh paling baik pada 40 sampai 59 inci (satu sampai satu setengah meter) curah hujan rata-rata sepanjang tahun. Tanaman arabika menghasilkan bunga putih wangi yang mirip dengan melati. Bunga-bunga ini muncul selama beberapa hari, dan buah mulai terbentuk segera setelahnya.

Buah kopi sebenarnya berbiji keras, seperti zaitun dan ceri. Ketika mereka mulai muncul pertama kali, mereka berwarna hijau gelap, seperti warna daun tanaman kopi, dan mereka matang dari berwarna kuning menjadi merah terang, kemudian menjadi merah tua. Ketika matang, buah dipanen. Setiap buah berisi dua keeping biji kopi, yang digunakan untuk membuat espresso arabika.

Sebelum mereka dapat digunakan untuk membuat espresso arabika, biji kopi difermentasi, dibilas di air tawar, dan dikeringkan. Dalam bentuk ini, biji kopi dikenal sebagai kopi hijau. Selanjutnya, biji di-roasting. Semakin lama di-roasting, semakin gelap biji yang dihasilkan. Roasting yang lebih gelap umumnya lebih halus dan memiliki lebih sedikit kafein dibandingkan biji kopi yang di-roasting lebih ringan.

Espresso arabika dapat dibuat dari berbagai tingkat roasting Arabika, asalkan biji digiling dengan sangat halus. Minuman ini dibuat dengan mesin espresso, yang menggunakan tekanan, sering kali tekanan uap, untuk memaksa air panas melewati kopi dengan sangat cepat. Espresso adalah minuman yang sangat terkonsentrasi yang dapat dinikmati dalam bentuk espresso itu sendiri atau digunakan sebagai dasar untuk latte, cappuccino, mocha, dan minuman lain.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...