Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Coffee Maker Itu?



Coffee maker adalah peralatan listrik yang digunakan untuk menyeduh kopi panas secara otomatis. Peralatan ini terdiri dari piringan pemanas, teko atau gelas kopi, wadah filter dan reservoir air.

Coffee maker (drip) adalah mesin yang sangat sederhana, berteknologi rendah namun efisien. Ada sebuah elemen pemanas yang mengelilingi piringan pemanas di bagian bawah coffee maker. Elemen pemanas ini dibalut oleh tabung aluminium berongga. Ketika air dimasukkan ke reservoir, lubang kecil di bagian bawah wadah mengisi selang plastik yang mengarah ke salah satu ujung tabung aluminium. Setelah coffee maker diaktifkan, dengan segera elemen pemanas menjadi sangat panas. Sensor menghidupkan dan mematikan sumber panas secara siklik untuk tetap menjaga suhu pada kisaran 195-205 derajat Fahrenheit (90-96 derajat Celcius). Air yang berada di tabung aluminium tadi kemudian mendidih dan turbulensi menciptakan gelembung yang naik ke ujung tabung yang lain, keluar melalui selang (dan membuat ruang agar semakin banyak air yang kembali masuk ke elemen pemanas).
Air panas yang naik bersama gelembung tersebut membuat aliran air mendidih yang jatuh ke bagian atas coffee maker. Di sini air keluar menuju drip plate. Drip plate mendistribusikan air mendidih secara merata untuk jatuh melewati bubuk kopi di dalam wadah filter. Dengan mekanisme ini, drip coffee maker mengisi teko kopi dengan kopi segar yang baru diseduh.

Jika Anda membeli biji kopi utuh, Anda dapat menggunakan penggiling kopi untuk mendapatkan kopi bubuk. Cara terbaik adalah dengan menggiling biji kopi sesaat sebelum diseduh. Sebuah coffee maker menggunakan kopi yang digiling kasar hingga medium, sedangkan kopi yang digiling halus digunakan untuk membuat espresso. Perhatikan bahwa espresso tidak bisa diseduh dalam coffee maker (drip), tetapi dibuat menggunakan mesin espresso.

Kebanyakan coffee maker memiliki timer yang memungkinkan mereka untuk menyala secara otomatis. Sebagian orang memilih untuk mempersiapkan kopi mereka di malam hari, dengan cara mengatur timer di coffee maker sehingga mereka bisa mendapatkan kopi segar setelah bangun di pagi hari. Meskipun ini mudah, penikmat kopi tidak akan menggiling biji kopi terlalu lama sebelum diseduh. Kopi yang telah diseduh juga harus segera diangkat dari piring pemanas. Terpapar panas terus menerus akan memberi rasa kurang menyenangkan, termasuk rasa pahit.

Beberapa coffee maker menggunakan filter baja, yang lain menggunakan filter kertas. Filter baja akan memungkinkan lebih banyak minyak yang lolos, membuat kopi menjadi lebih keras dan kental. Filter kertas membuat kopi lebih bersih, kopi yang ringan.

Para ahli menunjukkan bukti bahwa kopi arabika berasal dari Ethiopia dan telah dibudidayakan selama sekitar 1500 tahun. Meskipun kopi diseduh dengan banyak ragam cara di seluruh dunia, dewasa ini coffee maker adalah cara yang paling populer untuk menyeduh secangkir kopi nikmat.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...