Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Biji Kopi Utuh Itu?



Kopi melewati beberapa tahap produksi sebelum mencapai konsumen. Biji kopi utuh (whole bean) dapat didefinisikan sebagai kopi yang telah melalui setiap tahap produksi kecuali penggilingan. Tahapan produksi termasuk memilih, memilah, mengupas, fermentasi, pengeringan, dan roasting.

Umumnya, kopi berasal dari biji yang diperoleh dari dalam buah kopi, tanaman tropis. Tahap pertama produksi kopi melibatkan proses penyortiran buah untuk menghilangkan buah yang masih mentah atau terlalu kecil. Dilanjutkan dengan proses mengupas buah dengan mesin, memfermentasi biji, dan mencuci biji secara menyeluruh. Benih, atau biji kopi, kemudian dikeringkan sebelum memasuki tahap roasting. Setelah biji kopi telah di-roasting, mereka dikemas dengan segel kedap udara dan dikirim ke konsumen sebagai biji kopi utuh.

Oleh beberapa produsen namun jarang terjadi, biji kopi dijual sebelum di-roasting. Tetapi sebenarnya, produk ini lebih tepat disebut sebagai kopi hijau, bukannya kopi utuh. Untuk jenis ini, biji kopi akan di-roasting sendiri di kafe atau di rumah.

Banyak produsen mengambil langkah tambahan berupa menggiling kopi sebelum dikemas dan dikirim ke konsumen. Akan tetapi demi kesegaran dan rasa yang penuh, banyak yang berpendapat bahwa cara terbaik adalah hanya menggiling kopi bila akan digunakan. Kopi mulai kehilangan rasa karena kontak dengan faktor lingkungan seperti udara dan kelembaban. Karena kopi bubuk lebih rentan dibandingkan versi biji utuh, beberapa konsumen sekarang lebih memilih untuk membeli biji kopi utuh.

Meskipun saat ini ada pertumbuhan minat pada kopi yang digiling sendiri, masih banyak toko yang menjual kopi bubuk dibandingkan jenis biji kopi utuh. Toko yang menyediakan biji kopi utuh biasanya memiliki penggiling kopi yang dapat digunakan oleh konsumen. Selain itu, berbagai produsen alat rumah tangga kini telah banyak yang memproduksi penggiling kopi rumahan, yang cocok untuk berbagai tingkat anggaran, dari yang sederhana sampai yang mewah.

Menggiling biji kopi utuh tidak sesederhana melemparkan biji kopi ke mesin penggiling dan membiarkankan mereka begitu saja. Berbagai metode penyeduhan kopi memerlukan metode penggilingan yang berbeda pula. Misalnya, biji kopi yang dimaksudkan untuk digunakan dalam espresso maker harus digiling sehalus mungkin, sedangkan kopi yang ditujukan untuk french press membutuhkan bubuk kopi yang kasar.

Untuk menjaga kesegaran, biji kopi utuh harus disimpan dalam lingkungan yang gelap, kering, dingin, dan kedap udara. Kopi bubuk harus digunakan sesegera setelah digiling atau dalam beberapa hari ke depan. Seperti biji kopi utuh, kopi bubuk memerlukan kondisi kedap udara dan kering untuk memastikan kesegarannya.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...