Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Barista Itu?



Ketika mengunjungi sebuah bar atau kedai kopi di Italia, pelanggan mungkin akan menghadapi seorang bartender berseragam rapi yang disebut barista. Di Italia, orang ini ialah mixologist terlatih yang akrab dengan alkohol dan minuman berbasis kopi. Dia bahkan mungkin mengenakan kostum spesial yang mirip dengan yang dipakai bandmaster atau perwira militer. Seorang barista biasanya diperlakukan sebagai spesialis yang dihormati, sama seperti ahli anggur atau sommelier.

Ketika industri kopi gourmet meledak pada tahun 1980 dan 1990-an, istilah barista menghasilkan makna yang sedikit berbeda. Seorang barista adalah seorang ahli dalam membuat espresso dan minuman berbasis espresso. Espresso adalah bentuk kopi dengan rasa intens yang pada umumnya disajikan dalam cangkir kecil yang disebut demitasse. Untuk menyeduh secangkir kopi espresso yang sempurna, seorang barista harus menempatkan kopi bubuk yang telah ditakar ke dalam wadah kawat dan memadatkannya dengan kuat. Wadah kawat ini kemudian terkunci di bawah pot di mesin espresso.

Seorang barista terlatih harus tahu persis berapa banyak dan berapa lama air panas harus dilewatkan melaluinya. Jika waktu terlalu pendek, espresso akan lemah dan berair, tapi jika terlalu lama, espresso akan terlalu kuat. Pekerjaan ini membutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang kemampuan mesin espresso. Seorang barista mungkin juga harus menciptakan buih yang baik dari susu steam atau membuat espresso membentuk lapisan gelap alami di atasnya yang disebut crema.

Keterampilan barista lebih dari sekedar menjadi pembuat kopi yang baik. Dalam beberapa kedai kopi, ia juga diharapkan memiliki pengetahuan tentang berbagai campuran kopi gourmet yang ditawarkan. Pelanggan juga dapat bertanya tentang lama penyangraian atau teknik penggiling yang terbaik. Seorang barista yang baik juga harus belajar berbagai teknik garnishing, seperti membuat signature design dengan alat pengaduk dan krim.

Ada juga kompetisi nasional dan internasional yang bisa menjadi ajang bagi para barista untuk mempertunjukkan kemahirannya.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...