Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Barista Art Itu?



Latte art sebagai bagian barista art
Barista art adalah seni membuat secangkir espresso yang sempurna. Seorang barista adalah profesional yang terlatih dan terampil dalam membuat secangkir kopi. Keahlian ini membutuhkan studi dan latihan panjang untuk menyempurnakan teknik penyeduhan kopi. Bagi para profesional, membuat espresso tidak hanya terfokus pada mesin espresso, tapi juga tentang memilih biji kopi yang sempurna, menggiling mereka dengan konsistensi yang tepat, dan kemudian menyeduh secangkir kopi dengan cara yang tepat.

Memilih biji kopi adalah langkah pertama dalam seni barista. Biji kopi berasal dari berbagai belahan dunia dan masing-masing varietas memiliki rasa yang tentunya berbeda pula. Dibutuhkan pengalaman, keahlian dan kecerdasan untuk mengenali perbedaan tersebut. Kebanyakan barista memiliki preferensi sendiri, dan sering menunjukkan keberpihakan untuk jenis biji dari daerah tertentu.

Biji kopi yang segar dipilih dan disangrai sampai berwarna gelap. Setelah biji kopi disangrai, mereka digiling dengan konsisten. Jenis biji kopi yang berbeda dapat dicampur untuk menciptakan kopi blend khusus. Pengetahuan akan mana saja varietas kopi yang menciptakan hasil pencampuran yang baik akan berjalan seiring dengan pengetahuan yang mendalam mengenai jenis-jenis varietas biji kopi tersebut.

Penggilingan dilakukan dengan alat penggiling kopi khusus, banyak penggiling kopi yang memiliki opsi pengaturan sehingga memungkinkan untuk menggiling biji kopi pada kisaran yang benar.

Sekarang kopi bubuk halus siap untuk diseduh. Ada berbagai jenis mesin espresso dan mereka mengahasilkan perbedaan rasa pada espresso yang dihasilkan. Penggemar espresso cenderung merancang prosedur pembuatan secangkir kopi mereka sendiri menggunakan mesin espresso mereka, dengan menyesuaikan tekanan dan suhu pembuatan.

Eksperimen di bidang barista art membuka jalan untuk memiliki kemampuan menyeduh barista lavazza, cappuccino dan latte dengan topping busa lembut. Latte art pattern (pola pada minuman latte) adalah bentuk barista art yang sangat populer. Barista yang terampil, cekatan dengan jentikan tangan, dapat membuat pola wajah, daun, bentuk buah, hati dan desain lainnya pada permukaan latte. Ini adalah keterampilan yang dapat diperoleh hanya setelah beberapa bulan latihan teratur.

Popularitas barista art di seluruh dunia dibuktikan dengan meningkatnya jumlah outlet barista. Banyak kota memiliki barista day untuk menghormati seni barista dan meyelenggarakan kompetisi penyeduhan dan sesi mencicipi kopi.

Bahkan ada juga majalah barista yang berguna bagi para pecinta kopi agar terus up to date mengenai peristiwa-peristiwa di dunia espresso.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...