Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Vanilla Latte : Kopi Latte dengan Perasa Vanili



Latte adalah minuman kopi yang terdiri dari campuran espresso dan susu berbusa. Espresso adalah minuman kopi yang dibuat dengan menggunakan mesin untuk memaksa air panas melalui kopi bubuk, yang membuat kopi yang dihasilkan sangat kental dan memiliki rasa lebih kuat. Kombinasi susu steam berbusa dan espresso dinamai “latte”, kata Italia untuk susu. Meskipun latte tradisional hanya terdiri dari susu dan espresso, variasi sering dibuat dengan menggunakan perasa bubuk atau sirup. Vanilla latte adalah variasi umum dari minuman ini yang terdiri dari kombinasi susu, espresso, dan ekstrak vanili, baik bubuk atau sirup, untuk menambah rasa manis.

Proses pembuatan vanilla latte biasanya dimulai dari pembuatan minuman berbasis espresso dengan menggunakan espresso maker, mesin yang melewatkan air panas melalui kopi bubuk dengan tekanan yang lebih tinggi daripada yang digunakan pada drip coffee maker. Jika tidak digunakan tekanan tinggi, kopi latte tidak akan memiliki rasa khas yang kuat. Jenis biji kopi yang tepat cenderung tidak terlalu dipedulikan karena espresso adalah produk dari metode pembuatan kopi dengan tekanan tinggi, bukannya hasil dari jenis biji kopi tertentu.

Setelah espresso disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat susu berbusa. Susu dikukus dengan api kecil sampai ia menghangat. Untuk membuat susu berbusa, digunakanperangkat yang dikenal sebagai frother, yang dapat digunakan untuk mengaduk susu steam sampai menghasilkan busa. Proses ini juga dapat dilakukan dengan manual menggunakan sikat kecil. Beberapa versi latte menambahkan susu steam ke espresso sebagai topping yang terpisah, sedangkan versi lain mungkin menggunakan susu sebagai bahan pencampur.

Latte dapat dikonversi menjadi vanilla latte dengan menambahkan perasa vanili. Perasa vanili biasanya tersedia dalam berbagai bentuk. Untuk rasa yang lebih terkonsentrasi, ekstrak vanili dapat dicampur ke dalam espresso dan susu berbusa. Pilihan lain yang umum untuk vanilla latte adalah menggunakan sirup vanili: kombinasi gula, air, dan biji vanili yang direbus bersama sampai membentuk cairan kental. Bubuk perasa vanili komersial yang dirancang secara khusus untuk minuman berbasis kopi juga dapat digunakan guna menambah rasa manis vanili pada latte.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...